Radar Bali

Hindari Klaim Dari Pihak Lain, Badung Catat Seni-Budaya Asli

RadarBali.com - PEMKAB Badung melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) melakukan pendataan terhadap keberadaan kesenian dan kebudayaan asli dari Badung.

Setelah terdata, warisan budaya ini bakal dicatatkan di Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali. Pendataan ini, menurut Kadisbud Kabupaten Badung, Ida Bagus Anom Bhasma, penting dilakukan untuk menghindari klaim dari pihak lain. 

“Untuk lebih amannya, kami data semuanya. Selain tercatat di Balai Pelestarian, kami di dinas jadinya punya data juga. Itu untungnya,” jelas Anom Bhasma, Selasa (10/1).  

Pasalnya, lanjut dia, banyak kesenian atau tradisi belum diketahui Pemkab Badung, termasuk masyarakat luas. Salah satu contohnya adalah soal tari Baris Mekalung Urutan yang ada di Sandakan, Desa Sulangai, Kecamatan Petang.

Dari namanya saja tradisi itu sudah sangat unik. Namun belum diketahui masyarakat umum. Jangan sampai, sudah diklaim pihak luar baru kelabakan. “Itu yang tidak kami inginkan,” tandas Bhasma.

Kasi Sejarah, I Gusti Lanang Ngurah menambahkan, pendataan berikut pencatatan itu bukan pertama kali dilakukan di Badung.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar