Radar Bali

Didominasi WP Orang Pribadi UMKM

RadarBali.com - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Provinsi Bali mencatat, sebanyak 21.240 surat pengajuan harta (SPH) telah masuk terkait dengan program pengampunan pajak atau tax amnesti hingga Kamis kemarin (2/3).

Sayang, jumlah tersebut masih dirasa kurang, karena potensi wajib pajak yang seharusnya memanfaatkan program ini akibat administrasi perpajakannya tidak dilaksanakan dengan baik diperkirakan cukup banyak.

“Jumlah wajib pajak yang memanfaatkan tax amnesty ini memang sudah banyak. Namun jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan wajib pajak di Bali tentu ini jumlahnya masih kecil. Jumlah wajib pajak di Bali itu mencapai 500 ribu wajib pajak,” ungkap Kepala Seksi Kerjasama dan Humas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Provinsi Bali Eliza Rahel saat ditemui di Denpasar, Kamis kemarin (2/3).

Oleh karena itu, dia mengimbau bagi wajib pajak yang merasa administrasi perpajakannya tidak dilaksanakan dengan baik, untuk segera memanfaatkan program tax amnesty yang pada tanggal 31 Maret 2017 ini akan berakhir.

Sebab setelah program tax amnesty berakhir, bagi wajib pajak yang tidak memanfaatkan tax amnesty, harta yang belum dilaporkan dianggap sebagai penghasilan, dikenai pajak, dan ditambah sanksi sesuai Undang-Undang Perpajakan.

Sementara itu, bagi wajib pajak yang telah mengajukan tax amnesty, harta yang belum diungkapkan akan dianggap sebagai penghasilan, dikenakan PPh (Pajak Penghasilan) dan ditambah sanksi 200 persen.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar