Radar Bali

USBN Masih Ribet, Hari Pertama Kelimpungan Cetak Soal

RadarBali.com - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) mulai dihelat kemarin (20/3). Ujian berlangsung secara serentak sampai Kamis mendatang (23/3).

USBN yang pertama kali diselenggarakan tahun ini merupakan program dari pusat yang juga penentu kelulusan. Berbeda dengan sebelumnya, walau dengan istilah nasional, namun untuk urusan pencetakan soal ternyata dilakukan di masing-masing sekolah.

Seperti di SMA Negeri 3 Denpasar, misalnya. Kemarin USBN dimulai dari pukul 07.00 sampai 12.00. Jumlah siswa yang ikut ujian sebanyak 293 orang dan tanpa ada yang absen. Mata pelajaran pertama Pendidikan Agama dan kedua Budi Pekerti.

Dituturkan wakil panitia USBN SMAN 3 Denpasar I Kadek Januwiradi, soal dikirim ke sekolah  pada  16 Maret lalu dan dicetak oleh pihak sekolah. Pihaknya mencetak 300 soal untuk 293 peserta dan sisanya digunakan untuk cadangan.

“Namanya USBN, tapi cetaknya di sini (sekolah). Tapi, kami tetap jaga integritas. Pegawai yang mencetak kami dari panitia yang mengawasi,” ucapnya.

Dia pun mengeluhkan kekurangan dana untuk mencetak soal ujian. Karena anggaran untuk kertas yang disetujui pihak Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali hanya untuk 120 rim kertas buram.

1
2
3
4

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar