Radar Bali

77 Koperasi Denpasar Terancam Akan Dicabut

RadarBali.com- Seperti menjadi masalah klise, beberapa koperasi di Kota Denpasar tak berjalan sehat. Sehingga, banyak yang akan terancam dibubarkan. Kamis kemarin (30/3) Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Denpasar mengusulkan pembubaran sekaligus mencabut status badan hukum  77 dari 1.128 koperasi yang ada ke Kementerian Koperasi UKM.

Pasalnya, koperasi-koperasi tersebut sudah tidak beroperasi dan alamat kantornya juga tidak jelas.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena, Kamis  (30/3) kemarin mengatakan, koperasi yang diusulkan atau dibekukan badan hukumnya tersebut sama sekali tidak memiliki kegiatan dan operasional.

Sehingga, keberadaan koperasi tersebut dianggap merusak citra koperasi yang sehat dan masih beroperasi.

Menurut Erwin Suryadarma, pembubaran terhadap koperasi-koperasi yang sudah mati suri dan tidak pernah melaksanakan RAT (Rapat Anggota Tahunan) serta tidak pernah melaporkan hasil RAT, menjadi prioritas utama dalam pembinaan.
“Bila langkah terakhir koperasi tersebut sudah tidak bisa dibina maka diambil langkah diusulkan ke Kemenkop UKM Pusat untuk dibubarkan. Kami tidak menginginkan banyak koperasi, tapi jumlah anggota koperasi diharapkan semakin banyak. Sehinggga menunjukkan koperasi tersebut berkualitas,’’ ujar mantan Kabag Humas Pemkot Denpasar ini. 

Ditambahkan, koperasi yang aktif beroperasi sampai Maret ini sebanyak 1.051 koperasi. Sedangkan 77 koperasi yang tidak aktif sudah diusulkan ke Kementerian Koperasi UKM untuk dicabut badan hukumnya.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar