Radar Bali

Disperindag Kota Denpasar Lakukan Pengamatan di Pasar Tradisional

RadarBali.com – Pasca berakhirnya Hari Raya Kuningan, beberapa bahan pokok pangan di beberapa pasar tradisional di Denpasar berangsur mulai stabil. Menurunnya harga bahan pokok ini setelah sebelumnya, mengalami kenaikan mulai sejak hari raya Nyepi hingga Kuningan yang baru selesai pada Minggu (16/4) lalu.

Selanjutnya, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar melakukan pengamatan per Senin (17/4) kemarin.

Kabid Metrologi dan Tertib Niaga Disperindag Kota Denpasar Jarot A. Wahyudi seizin Kadisperindag Kota I Wayan Gatra mengatakan, dari hasil pantauan harga yang dilakukan di beberapa pasar tradisional seperti Pasar Pula Kerti, Kreneng, Pasar Agung di wilayah Peguyangan ada beberapa barang yang mengalami penurunan.

Gula pasir Impor misalnya, yang sebelumnya berada pada harga Rp 14.000, saat ini menjadi Rp 13.500 per kilogram.

Ia menjelaskan, selain karena faktor berakhirnya hari raya, juga dilatarbelakangi adanya kebijakan MoU dari Kementerian Perdagangan dengan perusahaan ritel seperti Aprindo untuk menjual gula dalam satuan Harga Eceran Tertinggi (HET) seharga Rp 12.500.

“Ini juga mejadi polemik, karena pihak Aprindo yang masih memiliki stok dulunya membeli mahal di harga Rp 14.000. Nah, ini masih dicarikan solusinya agar stok mereka bisa terjual dan tidak merugi,” ujarnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar