Radar Bali

Festival Lomba Seni, Antusias Membatik Meski Minim Peserta

RadarBali.com- UPT Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Denpasar Timur kembali menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Dasar (SD), Rabu kemarin (19/4) di SDN 29 Dauh Puri.  13 cabang lomba seni dilombakan di ajang FLS2N. Sayangnya, peserta lomba membatik menurun drastis dibanding tahun lalu.

Tahun lalu lomba membatik diikuti 12 orang. Tahun ini hanya 4 orang peserta. Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Dewa Ketut Artana mengatakan, turunnya minat peserta dalam lomba membatik karena tidak semua sekolah memiliki pembina membatik.

Peserta tahun lalu rata-rata juga sudah tamat sekolahnya. Ada juga yang pernah meraih juara nasional, jadi tak diperbolehkan ikut lagi.

“Ada perlombaan membatik. Itu kan budaya nasional agar ini bisa lestari dan berlanjut ke generasi berikutnya,” kata Dewa Artana.

Peserta membatik hanya diikuti dua sekolah yakni SD 3 Saraswati dan SD 6 Saraswati Denpasar. Meskipun demikian, hasilnya sangat memuaskan. 10 cabang lain yang dilombakan tak kalah menarik.

Mulai lomba pantomim, lomba menyanyi solo, lomba baca puisi, lomba gambar bercerita, lomba pidato, lomba kriya anyam, lomba melukis, dan lomba tari kreasi baru. Total peserta mencapai 240 orang dari enam gugus di Denpasar Timur.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar