Radar Bali

Penambangan Ilegal di DAS Tukad Ayung Akhirnya Dihentikan

RadarBali.com – Aksi penambangan pasir di jalur rafting yang berlangsung sejak lama di daerah aliran sungai (DAS) Tukad Ayung di Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, dihentikan Unit IV Tipiter Satreskrim Polres Gianyar.

Polisi menggerebek tambang pasir ilegal Selasa (2/5) petang pukul 16.30. Perlengkapan konvensional menambang pasir dan bos tambang I Wayan Malen, 50, Banjar Karang Dalem II, Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, langsung diamankan.

Kasatreskrim Polres Gianyar AKP Marzel Doni menyatakan penggerebekan dilakukan setelah warga yang prihatin dengan aktivitas penambangan melapor ke petugas.

Penambangan dengan menyedot pasir di aliran sungai Ayung menggunakan selang dan alat pompa. Tim turun di bawah komando Kanit IV Satreskrim Polres Gianyar Iptu AA Alit Sudarma.

“Kami gerebek saat ada aktivitas penambangan. Langsung kami tanya izinnya. Karena tak bisa menunjukkan, langsung kami stop,” kata AKP Marzel.

Cara kerja penambangan pasir dengan menarik pasir yang ada di sungai menggunakan mesin. Pasir  yang ditarik ini kemudian dibawa ke bak penampungan yang memiliki luas sekitar setengah are lebih.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar