Rabu, 19 Dec 2018
radarbali
icon featured
Ekonomi

Kembangkan Tenun BaSar, Anna Teken MoU dengan Plt Gubernur Sulsel

09 Agustus 2018, 22: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

Desainer, Anna Mariana, Soni Sumarsono, Tenun dan Songket Nusantara, BaSar,

INOVATIF : Anna Mariana dan Soni Sumarsono dalam sebuah kesempatan (istimewa)

Inovasi tiada henti terus dilakukan DR. Hj. Anna Mariana, SH, MH, MBA.

Desainer kondang, sekaligus tokoh dan pelopor tenun Nusantara yang sudah berkecimpung  selama 34 tahun ini, terus mengembangkan kreasi dengan menciptakan motif-motif tenun dan songket baru yang memiliki ciri khas dan corak tersendiri.

Bahkan, untuk mengembangkan tenun dan songket kolaborasi Bali-Makasar (BaSar), perempuan yang juga berprofesi sebagai konsultan hukum di Law Firm Mariana & Partners, ini akan kembali membuat kontrak kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono.

Rencananya penandatangan MoU antara Anna dengan Soni akan dilaksanakan di Gianyar, Sabtu (11/8) mendatang.

Menurut Anna, saat masih menjabat Plt Gubernur DKI Jakarta Soni lah yang memberi  kesempatan juga ide-ide  segar dalam melahirkan inovasi baru untuk tenun dan songket Babe, yakni  tenun dan songket kolaborasi dari dua daerah, Bali dan Betawi.

"Sehingga  lahirlah design Ondel-ondel, Monas, Kembang Kelapa, Ornamen Gigi Balang dan lain-lain  dalam karya saya pada tenun BaBe yang diluncurkan pada 2016”papar perempuan kelahiran Solo, 1 Januari 1960, sekaligus pemilik butik Marsya House of Batik Kebaya, Tenun, Songket & Acessories di Pondok Indah ini.

Dengan adanya tenun dan songket BaSar, perancang yang telah menghasilkan lebih dari 3.000 motif dan sudah Go Internasional itu, mengatakan dirinya akan kembangkan lewat pemakaian benang  sutra murni atau benang semi sutra,  juga penggunaan pewarnaan lebih kalem dengan warna-warna alam. 

 "Nanti akan ada ikon-ikon  khas Makassar juga Bali pada desainnya,” kata Anna  yang sudah melahirkan tenun songket  kolaborasi dengan nama BaSo (Bali-Solo) dan  Bajo (Bali-Jogja) ini.

(rb/pra/ika/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia