Minggu, 16 Dec 2018
radarbali
icon featured
Hukum & Kriminal

MA Sosialisasikan Aplikasi e-court Bagi Advokat. Apa itu?

10 Agustus 2018, 18: 04: 05 WIB | editor : ali mustofa

e-court, Pengadilan Tinggi Denpasar, Advokat, Mahkamah Agung

SOSIALISASI e-court: Dirjen Badan peradulan umum Herry Swantoro (Adrian Suwanto)

DENPASAR- Pasca menerbitkan Peraturan MA (Perma) Nomor 3 Tahun 2018 tentang administrasi di pengadilan secara elektronik atau online, Jumat (10/8) Direktur Jenderal Badan Pengadilan Umum  menggelar sosialisasi e-court bagi advokat di Pengadilan Tinggi Denpasar, Jalan tantular, Renon.

Apa itu e-court?

Direktur Jenderal Badan Pengadilan Umum, Herri Swantoro, mengatakan, sesuai Perma, e-court merupakan sistem peradilan berbasis eletronik yang mulai berlakukan untuk pengturan administrasi perkara yang berkaitan dengan perkara perdata saja.

Sedangkan fungsinya, lanjut Herri dilakukan untuk memenuhi asas peradilan sederhana, cepat, dan biaya ringan.

“Karena dengan adanya sistem ini akan memangkas waktu dan panggilan. Selain itu, diharapkan akan lebih memudahkan bagi para pencari keadilan dalam perkara perdata,"ujar Herri.

Fungsi lain kata Herri, pengembangan aplikasi e-court , ini juga mengakomodir para advokat yang bisa melakukan gugatan secara on line.

 “Selain itu, para pencari keadilan juga nantinya sudah bisa mengetahui kepastian terkait biaya yang selama ini dianggap masih sering adanya ketidakpastian soal besaran biaya yang harus dibayar,” katanya.

Lanjut dia, sistem ini nantinya bisa memudahkan banyak hal. Dengan sistem online ini, para advokat tidak lagi harus datang ke pengadilan

(rb/pra/mar/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia