Sabtu, 20 Oct 2018
radarbali
icon featured
Travelling

Asal Usul Suku Kei Sama dengan Pedawa, Ini Hikmah yang Bisa Dipetik…

Senin, 08 Oct 2018 14:45 | editor : ali mustofa

suku kei, desa pedawa, disbud buleleng, disbud maluku tenggara

CEK: Tim Disbud Buleleng dan Maluku Tenggara saat cek rumah warga di Desa Pedawa (Eka Prasetya/Radar Bali)

SINGARAJA - Suku Kei yang bermukim di Kabupaten Maluku Tenggara, kini meyakini asal usul mereka berasal dari komunitas Bali Aga yang berasal dari Desa Pedawa, Kecamatan Banjar.

Keyakinan itu muncul setelah tim ekspedisi dari Pemkab Maluku Tenggara, menuntaskan proses pencarian wit (asal usul, Red) di Kabupaten Buleleng.

Sebagai catatan, sebenarnya tim peneliti dari Maluku Tenggara juga sempat mendatangi Desa Tigawasa, salah satu dari lima desa Bali Aga di Kecamatan Banjar.

Hanya saja tim peneliti merasa lebih cocok dan yakin dengan Desa Pedawa. Menyusul munculnya hasil tersebut, Pemkab Buleleng meyakini hubungan kerjasama antara Pemkab Buleleng dengan Pemkab Maluku Tenggara akan makin erat.

Tak menutup kemungkinan dalam kurun waktu beberapa tahun mendatang, ada beberapa perjanjian kerjasama yang akan ditandatangani antar kedua daerah.

Sekadar mengingatkan, Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun sempat mendatangi Pemkab Buleleng pada pengujung Agustus lalu.

Saat itu Rentanubun memimpin tim peneliti yang khusus dibentuk oleh Pemkab Maluku Tenggara. Tim peneliti bertugas mencari asal usul Suku Kei, yang diyakini berasal dari Bali.

Sebelum mendatangi Buleleng, tim peneliti disebut sudah mendatangi sejumlah Desa Bali Aga dan Bali Mula di Pulau Bali.

Di antaranya Desa Tenganan Pegringsingan di Karangasem, serta Desa Trunyan dan Desa Penglipuran di Bangli. 

(rb/eps/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia