Minggu, 18 Nov 2018
radarbali
icon featured
Bali United

Klub Berkelas! Bali United Kantongi Status Klub Profesional AFC, tapi

Jumat, 19 Oct 2018 08:49 | editor : ali mustofa

bali united, liga 1, klub profesional afc

TATA RUMPUT: Petugas memangkas rumput stadion Kapten Dipta yang menjadi kandang Bali United (Miftahuddin Halim/Radar Bali)

DENPASAR – Kabar bahagia datang untuk para suporter Bali United jelang kontra Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (20/10) besok.

Dilansir dari situs baliutd.com, Bali United resmi kembali mendapat status sebagai klub profesional AFC setelah

Club Licensi Committee (CLC) PSSI memberikan kepastian melalui surat mereka kepada manajemen tim Serdadu Tridatu per tanggal 15 Oktober 2018.

Dalam surat ini, CLC telah menerima berkas permohonan lisensi Bali United. Hanya saja ada sedikit kekurangan dalam kriteria B

yang harus dipenuhi oleh manajemen Bali United dengan batas waktu sampai tanggal 31 Januari 2019 untuk bisa diselesaikan.

Adapun dalam kriteria B yang belum terpenuhi yaitu Duty to Notify Subsequent Events dan Duty to update Future Financial Information.

Isi keputusan Club Licensi Committee (CLC) yang ditulis dalam surat bernomor 004/CLC-PSSI/X/2018 antara lain :

1. Menerima permohonan lisensi klub profesional dari klub Bali United FC dan memberikan lisensi klub profesional kepada klub Bali United FC.

2. Memberikan waktu kepada klub Bali United FC untuk memenuhi kekurangan kriteria B yang belum dipenuhi dengan waktu pemenuhan sampai tanggal 31 Januari 2019. Terhadap pemenuhan tersebut disampaikan secara tertulis kepada Club Licensing Departement dan kegagalan terhadap hal tersebut dapat mengakibatkan dicabutnya lisensi.

3. Memerintahkan kepada Club Licensing Department untuk memberikan salinan keputusan ini kepada Komite Eksekutif PSSI untuk dipastikan pelaksanaannya.

Lisensi klub profesional dengan standar AFC bersifat sangat penting bagi setiap klub untuk bisa berpartisipasi di kompetisi level Asia.

Syarat untuk mendapatkan lisensi AFC terbilang cukup berat untuk bisa dipenuhi. Untuk mendapatkan lisensi tersebut, AFC sudah menetapkan lima aspek penilaian yang harus menjadi standar klub.

Kelima aspek tersebut yaitu legalitas, finansial, infrastruktur, administrasi, pembinaan usia dini, serta sumber daya manusia.

Sebelumnya pada tahun 2017 lalu, Bali United juga berhasil mengantongi lisensi klub profesional dengan standar AFC.

Hal tersebut juga membuat tim Serdadu Tridatu berhak mewakili Indonesia di ajang Kualifikasi Liga Champions Asia dan juga Piala AFC 2018.

(rb/mus/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia