Minggu, 18 Nov 2018
radarbali
icon featured
Radar Jembrana

WOW! Pemkab Jembrana Bagi-Bagi Ratusan Kambing

Jumat, 02 Nov 2018 15:45 | editor : ali mustofa

Bagi-bagi kambing, Pemkab Jembrana, Kelompok Ternak,

KAMBING BANTUAN : Bupati saat mengecek kondisi kambing bantuan untuk kelompok ternak (Anom Suardana)

NEGARA - Setelah dikarantina dan dinyatakan sehat dari tim kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana, Kamis (1/11) ratusan ekor kambing dibagi- bagikan kepada kelompok ternak.

Bantuan kambing unggul jenis etawa itu diserahkan Bupati Jembrana I Putu Artha, di areal kandang karantina hewan desa Banyubiru untuk 13 kelompok ternak.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana, I Wayan Sutama mengatakan jumlah kambing etawa yang diserahkan itu sebanyak 572 ekor.

13 kelompok penerima yakni, 4 kelompok di kecamatan Pekutatan, 3 kelompok di Mendoyo dan   masing-masing 2 kelompok   di kecamatan Jembrana, Negara dan kecamatan Melaya.

“Setiap kelompok menerima 40 ekor kambing betina dan 4 ekor kambing jantan. Semuanya sudah dikarantina dan kondisinya sehat,”ujarnya.

Sementara itu Bupati Artha meminta agar kelompok yang menerima mengajak anggotanya  yang berasal dari warga miskin. “ Sasaran bantuan yang kita berikan kepada masyarakat tentu untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

Untuk itu saya minta kepada semua kelompok ini agar melibatkan anggotanya yang berasal dari warga miskin.Dengan semakin manyak warga miskin yang kita libatkan tentu kk miskin kita akan semakin berkurang, “ujarnya.

 Selain itu juga diminta agar kambing bantuan dirawat dan dijaga dengan baik lantaran anggaran yang digelontorkan kepada kelompok ternak kambing itu cukup besar.

“Karena bantuan itu mulai dari pengadaan bibit, obat-obatan termasuk pembuatan kandangnya. Untuk itu kami harapkan kepada semua anggota kelompok agar benar-benar dapat memelihara ternaknya sehingga nantinya dapat berkembang biak dengan cepat.

 Jika dalam perjalanan ditemua adanya kendala terkait masalah kesehatan ternak segera koordinasikan dengan dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Jembrana, “tegasnya.

I Wayan Sukrayasa salah satu penerima bantuan asal dusun Bangli desa Yehembang Kangin Mendoyo, menyampaikan sekitar tahun 1990 dirinya pernah memelihara kambing kacang yang harganya sangat murah.

Dengan bantuan kambing etawa dan sekarang ini harga kambing cukuyp mennajikan maka akan bisa menambah pendapatannya.

“Sekarang bibitnya bagus jenis unggul dan harganya juga menjanjikan, saya dan kelompok sangat tertarik memliharanya,” ujarnya.

(rb/nom/pra/mus/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia