Senin, 10 Dec 2018
radarbali
icon featured
Events

Puluhan Pelaku UMKM Tabanan Sambut Pembinaan Alfamart

12 November 2018, 16: 48: 31 WIB | editor : ali mustofa

pelatihan umkm, alfarmart - radar bali, diskop tabanan

Puluhan pelaku UMKM di Tabanan mengikuti acara bertajuk Alfamart-Radar Bali Care di RM Sawira, Dangin Carik, Tabanan, Sabtu (10/11) lalu (Dewa Mahindra Winata/Radar Bali)

TABANAN – Setelah sukses menghelat even kolaborasi bertajuk Alfamart-Radar Bali Care pada session pertama di Denpasar, 20 Oktober lalu, kegiatan serupa kembali digelar.

Kali ini, Alfamart Cabang Bali dan Jawa Pos Radar Bali menyasar puluhan pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tabanan.

Even yang digelar di RM Sawira, Dangin Carik, Tabanan, Sabtu (10/11) lalu disambut antusias puluhan pelaku riil UMKM Tabanan.

Even ini juga mendapat dukungan penuh dari Pemkab Tabanan, dalam hal ini Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti.

Beberapa hari menjelang perhelatan Alfamart-Radar Bali Care #2, Bupati Eka Wiryastuti yang disambangi pimpinan Jawa Pos Radar Bali

dan Alfamart Cabang Bali di ruangannya mengapresiasi program sharing yang diinisiasi Jawa Pos Radar Bali dan Alfamart Cabang Bali ini.

“Memang kehadiran toko-toko modern di Tabanan sudah semestinya membawa kemanfaatan bagi para pelaku UKM lokal,” sebut Bupati Eka Wiryastuti.

Pada gelaran Alfamart-Radar Bali Care #2 lalu sendiri, Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Kadiskop UKM) Tabanan, AA Gede Dalem Tresna Ngurah hadir membuka acara mewakili Pemkab Tabanan.

Kepada 41 peserta pelatihan ritel ini, Gung Dalem Tresna mengimbau agar menyerap sepenuhnya ilmu, strategi pemasaran, dan hal-hal positif yang dipaparkan pihak Alfamart sebagai pelaku industri distribusi berskala nasional.

“Dan, kepada pihak Alfamart serta Radar Bali, kami berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Kami harap ilmu yang diberikan pada para pelaku UMKM

di daerah kami ini bisa total 100 persen agar bisa diserap dan diaplikasikan secara riil oleh mereka,” pesan Gung Gede Dalem Tresna dalam sambutannya.

Konkritisasi dari pelatihan ritel semacam ini, lanjutnya, ia berharap agar produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM Tabanan bisa terserap di outlet-outlet ­Alfamart yang tersebar di wilayah Tabanan dan Bali.

Pelatihan UMKM
pelatihan umkm, alfarmart - radar bali, diskop tabanan

Peserta pelatihan UMKM di RM Sawira, Dangin Carik, Tabanan, Sabtu (10/11) lalu (Dewa Mahindra Winata/Radar Bali)

“Ada 27 ribu UMKM di Tabanan. Mari kita bersinergi dengan ritel modern. Jangan justru dianggap musuh. UMKM harus selalu mengisi diri dan menambah ilmu,” paparnya.

“Harapan kami kegiatan ini berlanjut sehingga berdampak positif bagi perkembangan UMKM di Tabanan,” tutupnya.

Sementara Branch Manager Alfamart Bali Kristanto Inwahyudi merespons positif harapan Pemkab Tabanan.

Ia menekankan, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) selaku perusahaan ritel membuka diri selebar-lebarnya kepada UKM dan UMKM lokal Bali, khususnya wilayah Tabanan.

“Kegiatan ini mendapat apresiasi luar biasa dari peserta pelatihan sebelumnya di Denpasar. Selama ini ada dikotomi

kami mematikan usaha kecil. Padahal sebenarnya tidak seperti itu. Kita inginnya maju dan berkembang bersama,” ucapnya. 

Untuk memajukan perekonomian di Bali, khususnya Tabanan, Kristanto menyebut pelaku UKM dan UMKM harus sadar bahwa peritel modern adalah mitra kerja.

Dirinya mengaku bersyukur saat ini sudah mulai tumbuh kesadaran dan menganggap peritel modern, khususnya Alfamart adalah ‘saudara tua’.

“Sudah ada anggapan seperti itu. Kami akan selalu berusaha menggandeng UMKM untuk mewujudkan visi kami, yaitu memberdayakan pengusaha-pengusaha kecil untuk bisa maju, berkembang bersama,” tegasnya. 

Hal senada juga Merchandising Manager Alfamart Bali, Anak Agung Istri Ayu Shri Harsikawidie.

Ia yang bertanggungjawab terhadap produk-produk lokal Bali agar terserap ke jejaring outlet Alfamart bahkan menyebar nomor ponsel pribadinya kepada para peserta.

“Silakan bapak-ibu yang punya produk yang bisa dipasarkan di outlet Alfamart menghubungi saya, kirimkan gambar atau video produknya,

kami akan observasi terkait kelaikannya dari sisi kualitas mutu dan packaging. Kalaupun belum memenuhi standar, kami akan lakukan pendampingan agar memenuhi standar pemasaran di Alfamart,” ujarnya. (rba)

(rb/ken/yog/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia