Selasa, 26 Mar 2019
radarbali
icon featured
Radar Jembrana

Diterjang Air Bah, BJN 3 Pastikan Jembatan Biluk Poh Masih Laik Pakai

09 Januari 2019, 05: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

banjir bandang, jembatan biluk poh, bjn wilayah III, laik pakai

LAIK PAKAI: Petugas BJN Wilayah III perbaiki railing jembatan Biluk Poh setelah diterjang banjir bandang beberapa waktu lalu. (M.Basir/Radar Bali)

NEGARA – Jembatan sungai Biluk Poh pasca diterjang banjir bandang, diteliti lagi untuk memastikan kualitas dan kelaikan jembatan.

Pemeriksaan terakhir, Jumat (4/1) lalu dari bidang perencanaan Balai Jalan Nasional (BJN) Wilayah III. Pemeriksaan tersebut yang kedua kalinya sejak banjir bandang yang terjadi Sabtu (22/12/2018) lalu.

Selain memastikan kualitas jembatan masih bisa bertahan, kerusakan beberapa bagian jembatan juga sudah dilakukan.

Pantauan di sekitar lokasi kemarin, railing jembatan sudah diperbaiki mulai dari sisi utara sebelah barat jembatan.

Bagian tiang railing ditambah besi penyangga karena hancur total diterjang banjir bandang. "Secara bertahap semua bagian

jembatan nanti akan diperbaiki," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 03 Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah III I Gede Agus Punarta kemarin.

Selain memperbaiki railing yang rusak, bagian bawah jembatan yang mengalami kerusakan kecil karena diterjang banjir nantinya akan diperbaiki.

Karena menurut pengamatan visual terakhir, kondisi jembatan secara umum masih kuat. Hanya beberapa struktur bangunan jembatan yang terkelupas bagian permukaan.

Seperti tiang jembatan yang semennya mengelupas. "Jembatan hanya memerlukan perbaikan penambalan beberapa bagian yang cuil, kalau struktur bangunan masih kokoh," terangnya.

Disamping itu, perbaikan bertahap sejumlah kerusakan jalan pasca banjir, akan diperbaiki secara bertahap.

Di antaranya drainase dan bibir jalan yang rawan ambrol karena tanah sudah terkikis air. Menurutnya, bagian perencanaan masih menghitung kerusakan dan estimasi kebutuhan anggaran untuk perbaikan.

Sementara untuk mengatasi tumpukan material banjir di drainase, sudah dibersihkan menggunakan alat berat. Drainase sementara dibuat untuk mengantisipasi banjir, nantinya akan dibuat permanen. 

Sebelumnya, sehari pasca banjir bandang sudah dilakukan pengecekan. Secara kasat mata masih layak digunakan untuk lalu lintas kendaraan.

Dilihat dari samping bagian jembatan yang sudah diperkuat dengan bagian jembatan tidak ada perubahan dan letakan tidak ada pergeseran.

(rb/bas/mus/JPR)

 TOP