Senin, 18 Nov 2019
radarbali
icon featured
Politika

Togar Siap Melayani Bukan Dilayani, Ajak Anak Panti Nonton Aquaman

09 Januari 2019, 19: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

togar situmorang, nonton bareng, film aquaman, anak panti asuhan

Advokat kawakan Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P., yang juga caleg DPRD Bali dapil Denpasar nomor urut 7 dari partai Golkar mengajak anak panti asuhan lintas agama di Bali nonton bareng film superhero "Aquaman" di Plaza Renon, Kamis besok (Istimewa)

Share this      

DENPASAR - Caleg DPRD Bali dapil Denpasar nomor urut 7 dari partai Golkar Togar Situmorang SH MH MAP menunjukkan jiwa sosial tinggi dan kepedulian serius terhadap permasalahan sosial di Denpasar.

Di tengah-tengah kesibukannya sebagai advokat kawakan dengan puluhan klien tiap bulan, Togar masih menyempatkan diri berbagi kebahagiaan dengan para anak yatim piatu atau anak panti asuhan.

Kali ini, pria murah senyum itu mengajak 90 orang anak panti asuhan lintas agama di Bali nonton bareng film superhero yang sedang booming yakni "Aquaman".

Nonton bareng ini akan digelar di bioskop di Plaza Renon, Denpasar, Kamis (10/1) besok mulai pukul 16.30.

Nonton bareng ini merupakan salah satu bentuk komitmen dan keyakinan sebagai calon wakil rakyat. Tak hanya saat berstatus caleg, saat terpilih nanti sebagai anggota DPRD Bali Togar yang berkomitmen "Siap Melayani Bukan Dilayani".

Dilanjutkan dengan perjuangan "Anti Korupsi Anti Intoleransi". Di mata Togar, membahagiakan anak yatim piatu, meski dengan cara sederhana merupakan suatu kepuasan tersendiri dan sudah menjadi kewajiban sebagai insan beragama.

"Apa yang saya lakukan ini sesuai tagline saya. 'Siap Melayani Bukan Dilayani'. Salah satu progam saya adalah ikut melayani anak yatim piatu lintas agama yang merupakan bagian masyarakat yang ada Bali khususnya di Denpasar," terang Togar.

Kepedulian yang melibatkan anak panti asuhan lintas agama ini terangnya juga sebagai upaya untuk terus menggembangkan nilai-nilai toleransi di Pulau Dewata yang juga dikenal sebagai miniatur Indonesia.

Togar meyakini perbedaan agama, suku dan ras tak menjadi halangan untuk hidup rukun. "Kami ingin anak-anak panti asuhan ini dari kecil sudah mengenal pluralisme,

menghargai toleransi dan bersama-sama menjaga kedamaian Bali," ujar pria yang dikenal dermawan dan kerap memberikan bantuan hukum gratis bagi masyarakat kurang mampu dan tertindas dalam penegakan hukum itu.

Sementara pemilihan film "Aquaman" dalam acara nonton bareng ini juga punya makna tersendiri dan ada pesan serta edukasi khusus yang ditanamkan Togar kepada anak-anak generasi penerus bangsa ini.

Sebab film bertemakan superhero ini kental dengan nilai-nilai kepahlawanan, spirit nasional dan memperjuangkan kepentingan masyarakat.

"Aquaman superhero dari air. Air itu suci, bersih, sumber kehidupan. Kami berharap anak-anak itu menjadi pahlawan yang bersih seperti Aquaman," kata Togar Situmorang yang juga Ketua  Umum POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) Kota Denpasar itu.

"Saya sebagai caleg dan nanti kalau saya jadi anggota Dewan, juga ingin menjadi wakil rakyat yang bersih seperti Aquaman,

memperjuangkan kepentingan rakyat seutuhnya," tegas Togar yang juga Ketua Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK-RI) Provinsi Bali itu. .

Togar juga ingin menyelipkan pesan bahwa air adalah salah satu elemen paling penting bagi kehidupan. Air juga menjadi sarana vital dan suci dalam ritual keagamaan berbagai agama.

Misalnya pada umat Kristiani saat melakukan prosesi baptis terhadap seorang anak, air digunakan untuk sarana baptis yang menyimbolkan sang anak dibersihkan lahir batin dan untuk keselamatan.

Kemudian saat menjelang ibadah Sholat bagi umat muslim, air juga digunakan untuk membersihkan diri secara lahir batin saat proses wudhu.

Apalagi bagi umat Hindu, air digunakan sebagai tirta (air suci) dalam setiap prosesi persembahyangan atau upacara Yadnya

"Jadi mari kita jaga sumber air kita di Bali dengan menjaga lingkungan. Misalnya jangan membuang sampah ke sungai. Dan juga jangan boros menggunakan air. Jangan sampai nanti kita krisis air," tuturnya. (rba)

(rb/ken/mus/JPR)

 TOP