Sabtu, 23 Mar 2019
radarbali
icon featured
Politika

Golkar Bergejolak, Demer Depak Gunawan dari Ketua Fraksi DPRD Bali

10 Januari 2019, 12: 47: 30 WIB | editor : ali mustofa

golkar bali, sumarjaya linggih, wayan gunawan, fraksi golkar, dprd bali

Plt Ketua DPD Golkar Bali Sumarjaya Linggih alias Demer (dok.radarbali)

DENPASAR – Baru beberapa minggu menjabat sebagai Plt Ketua Golkar Bali, Gde Sumarjaya Linggih alias Demer mulai menunjukkan ketegasannya sebagai pemimpin partai berlambang pohon beringin.

Setelah aksi gebrak meja, kemudian demo musdalub, sekarang tiba-tiba Demer mencopot I Wayan Gunawan sebagai ketua Fraksi Golkar DPRD Bali.

Gunawan adalah politisi Golkar asal Bangli yang menjabat sebagai ketua fraksi tiga periode terakhir. Pergantian ini berdasar SK DPD Golkar Bali Nomor : Kep-01/Golkarda/I/2019.

Banyak teka-teki pencopotan itu. Apalagi pengganti Gunawan adalah Made Dauh Wijana yang merupakan loyalis Demer.

Gunawan yang merupakan Ketua DPD II Partai Golkar Bangli adalah orang yang getol menyuarakan musyawarah daerah luar biasa (musdalub).

Bahkan sebelumnya, Gunawan menyatakan hanya DPD II Gianyar yang dipimpin oleh  Made Dauh Wijana  yang tidak sepakat untuk Musdalub .

Plt Ketua DPD Partai Golkar Bali Gde Sumarjaya Linggih menjelaskan, pergantian pengurus fraksi DPRD adalah kewenangan DPD Golkar Bali.

Tujuannya adalah untuk penyegaran pengurus fraksi dan alat kelengkapan dewan. Selain itu, keputusan pergantian pengurus fraksi karena hasil rapat harian DPD Golkar Bali tanggal 2 Januari lalu.

“Berkembang usulan agar dilaksanakan penyegaran pengurus fraksi dan pengurus pleno, serta rapat memberi mandat kepada plt  ketua untuk menindaklanjuti,” ujar Demer kemarin.

Sehingga  secara lisan sudah  dikonsultasikan ke DPP  (Dewan Pimpinan Pusat) Golkar dan direstui oleh DPP.

Dikatakan semua tindak lanjut dari hasil rapat pengurus harian akan dilaporkan kepada rapat pleno DPD Golkar Provinsi Bali.

Demer mengelak Gunawan diganti karena sangat vokal dan mendesak untuk digelar Musdalub. Ia pun menekankan kembali bahwa pergantian itu hanya untuk penyegaran.

 “Kan seperti saya sampaikan. Penyegaran saja. Kebetulan tahun baru,” papar pria yang juga menjabat sebagai Anggota DPR RI ini.

Demer  berharap dengan ketua fraksi yang baru, komunikasi lancar dan segala kebijakan partai dan sebagainya agar segera  dilaksanakan di fraksi.

“Dilaporkan saja itu (pergantian ketua fraksi) Senin ( 14/1) nanti di rapat pleno. Itu hasil dari rapat harian DPD,” tukasnya.

(rb/feb/mus/JPR)

 TOP
Artikel Lainya