Minggu, 26 Jan 2020
radarbali
icon featured
Hukum & Kriminal

Cckk...Sembunyikan Sabu 1 kg di Sandal, Dua Penumpang Lion Air Diciduk

13 Maret 2019, 16: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

tersangka narkoba, modus baru, sabu di sandal, bnnp bali, penumpang lion air

Barang bukti sabu dan sandal yang digunakan pelaku untuk menyelundupkan narkoba ke Bali (Marcell Pampur/Radar Bali)

Share this      

DENPASAR - Dua penumpang pesawat Lion Air JT 960 rute Medan – Bandung - Denpasar diamankan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bali, Sabtu (9/3).

Keduanya masing-masing bernama Muhammad Ikhsan, 23, berstatus mahasiswa dan Muhammad Dani, 28.

Keduanya ditangkap karena telah menyelundupkan narkotika jenis sabu seberat 1.008,19 gram brutto atau lebih dari 1 kg dari Medan ke Bali.

tersangka narkoba, modus baru, sabu di sandal, bnnp bali, penumpang lion air

DIAMANKAN: Para pelaku 1-3 dari kanan dan barang bukti narkoba di kantor BNNP Bali, Rabu siang (Marcell Pampur/Radar Bali)

Selain itu, dari keduanya juga diamankan 105 butir pil warna merah yang diduga ekstasi. 

Kabid Pemberantasan BNNP Bali AKBP Nyoman Sebudi mengatakan, penangkapan kedua pemuda ini dilakukan berdasar informasi bahwa akan ada pengiriman sabu oleh dua kurir dari Aceh.

Dari informasi itu, petugas pun langsung melakukan penyanggongan di Bandara Ngurah Rai hingga akhirnya berhasil mengamankan kedua pelaku.

Kedua pelaku langsung ditangkap saat tiba di Bandara Ngurah Rai sekitar pukul 15.00. Kedua pelaku mempunyai modus baru menyelundupkan sejumlah barang haram tersebut.

"Para pelaku ini memasukan sabu ke dalam sandal mereka pakai, yang agak tebal. Kemudian sandal itu dijahit kembali untuk mengelabuhi.

Tapi, petugas kami tetap berhasil mengungkap modus mereka. Kami amankan sejumlah sabu itu secara terpisah," kata AKBP Sebudi di kantor BNNP Bali, Rabu (13/3).

Setelah menangkap kedua pelaku, petugas BNNP Bali kemudian melakukan pengembangan.

Berdasar pengembangan tersebut, diketahui ternyata sejumlah barang bukti narkoba itu nantinya akan diterima oleh seseorang di Bali bernama I Putu Mas Wira Adi Kusuma alias Gus Mas.

Berdasar pengakuan kedua kurir tersebut, petugas langsung melakukan perburuan hingga akhirnya berhasil menangkap Gus Mas di Hotel Puri Nusantara di hari yang sama.

"Gus Mas ini adalah orang yang bertugas mengambil sabu dari kedua kurir ini," tambah AKBP Nyoman Sebudi. Dari penangkapan itu, ketiga pelaku dan barang bukti diamankan di BNNP Bali.

Selain narkoba, polisi juga mengamankan barang bukti sejumpah plastik klip, dan alat pres pembungkus narkoba. 

Atas aksinya, pelaku Muhammad Ikhsan, dan M. Dani dikenakan pasal 114 ayat (2) atau pasal 112 ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dan

terhadap pelaku Gus Mas  dikenakan pasal 114 ayat (2) atau pasal 112 ayat (2) Jo. Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika. 

(rb/mar/mus/JPR)

 TOP