Selasa, 19 Mar 2019
radarbali
icon featured
Metro Denpasar

Facebook dan Instagram Down Berjam-jam, Ini Penyebab Pastinya…

14 Maret 2019, 10: 03: 11 WIB | editor : ali mustofa

akun facebook, akun instagram, down berjam-jam, penyebab pasti

Ilustrasi (dok.jawapos.com)

DENPASAR – Hampir 10 jam Facebook (FB) dan Instagram (IG) down. Sejak Rabu (13/3) malam hingga Kamis (14/3) pagi pukul 10.00 Wita, media sosial yang digemari kaum millennial sejagat ini tak bisa digunakan.

Pengguna FB dan IG akhirnya ramai-ramai beralih ke Twitter untuk mengetahui penyebab pasti mengapa media sosial itu down.

Dari hasil penelusuran, muncul pesan di situs FB yang menunjukkan adanya masalah sebagai bagian dari pemeliharaan yang terjadwal.

Namun, tak jelas masalah apa yang tengah dihadapi situs bikinan Mark Zuckerberg ini. Bisa jadi ada serangan hacker atau istilahnya Distributed Denial of Service (DDos).

Pemicu FB dan IG down tidak hanya terjadi di Bali, dan Indonesia, tapi di seluruh dunia yang memanfaatkan jejaring sosial itu dalam kehidupan sehari-hari.

Di Indonesia sendiri, aplikasi FB masih bisa dijalankan namun tidak dengan IG. Pengguna IG mulai mengeluhkan masalah ini dalam bentuk cuitannya di Twitter.

Pihak Facebook melalui akun resminya di Twitter menjelaskan pada pukul 13.49 WITA bahwa pihak Facebook menyadari beberapa pengguna

telah mengalami masalah ketika mengakses aplikasi yang terafiliasi dengan facebook, termasuk Instagram dan WhatsApp.

"Kami tengah mencoba memecahkan masalah ini sesegera mungkin dan bisa mengkonfirmasi bahwa masalah ini tidak terkait dengan DoS," tulis Facebook dalam akun twitternya.

Beberapa pengguna juga menemukan bahwa Messenger tidak dapat memuat sama sekali di desktop, meskipun aplikasi mobile masih berfungsi.

Instagram lebih buruk: posting tidak dimuat, instagram story hilang, dan pesan langsung dan tombol untuk mengirim konten baru juga tidak berfungsi.

Bagian iklan Facebook ikut bermasalah. Sebelumnya Facebook menyatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pemeliharan rutin server mereka dan melakukan pembersihan terhadap akun-akun palsu atau bot.

(rb/mus/mus/JPR)

 TOP