Jumat, 19 Apr 2019
radarbali
icon featured
Radar Buleleng

Perluas Pelayanan, Dua RS Pratama di Buleleng Bakal Diperluas

19 Maret 2019, 01: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

perluas pelayanan, rs pratama, bupati agus suradnyana

Bupati Buleleng Agus Suradnyana mengecek RS Pratama Giri Emas (Eka Prasetya/Radar Bali)

SINGARAJA – Pemerintah Kabupaten Buleleng akan melakukan perluasan Rumah Sakit Pratama, baik yang ada di Desa Giri Emas maupun Desa Tangguwisia.

Perluasan itu juga akan diikuti dengan peningkatan kelas rumah sakit. Selama ini rumah sakit pratama di Giri Emas maupun Tangguwisia masuk dalam kategori Rumah Sakit kelas D Pratama.

Sehingga fasilitas alat kesehatan dan tenaga medisnya pun terbatas. Rencananya pemerintah akan menaikkan statusnya menjadi Rumah Sakit tipe D, atau setingkat lebih tinggi.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan, pemerintah tengah merancang langkah perluasan RS Pratama.

Sehingga pemerintah bisa melakukan penambahan infrastruktur, penambahan alat kesehatan, serta menambah jumlah dokter yang bertugas di sana.

“Ini akan ditingkatkan statusnya jadi tipe D. Kami naikkan statusnya satu grade. Karena ini menyangkut kelengkapan alat dan jumlah dokter. Semua nanti dibiayai provinsi,” kata Agus.

Rencananya RS Pratama di Desa Tangguwisia akan diperluas ke arah timur. Pemerintah akan mengajukan permohonan hibah lahan milik provinsi yang ada di sisi timur rumah sakit.

Sementara untuk RS Pratama di Desa Giri Emas, Agus mengaku masih melakukan kalkulasi lahan. “Di belakang masih ada lahan juga.

Kita atur di sana seperti apa. Atau bisa saja kami bangun gedung bertingkat. Saya akan lihat dulu lahannya,” kata Agus. 

(rb/eps/mus/JPR)

 TOP