Selasa, 17 Sep 2019
radarbali
icon featured
Events

Scaling Gigi Tidak Menyakitkan

23 Maret 2019, 10: 37: 20 WIB | editor : ali mustofa

scaling gigi, dr harry, bimc nusa dua, perawatan gigi

Dr. Harry Iskandar, Sp. Pros (Istimewa)

Share this      

Oleh : dr. Harry Iskandar, Sp. Pros

SCALING gigi adalah prosedur perawatan oleh dokter gigi untuk membersihkan karang gigi. Jangan takut mendengar istilah ini karena perawatan tidaklah menyakitkan.

Penyebab Karang Gigi

Karang gigi sering terbentuk karena proses sikat gigi yang kurang bersih. Karang gigi adalah plak gigi yang terbentuk dari sisa makanan yang bercampur dengan mineral dalam air liur dan bakteri dalam mulut menjadi endapan keras.

Plak gigi awalnya masih dapat dibersihkan dengan menyikat gigi tetapi jika sudah mengeras menjadi karang gigi, tidak bisa dibersihkan dengan cara yang sama.

Diperlukan bantuan dokter gigi untuk menghilangkan karang gigi, salah satunya dengan teknik scaling.

Dokter gigi biasanya akan menggunakan alat scaler untuk mengikis plak Diantara gigi dan di sekitar gusi.

Proses pembersihan plak dan tartar akan membuat anda mendengar suara gesekan sedikit pada gigi. Hal ini normal dimana semakin banyak plak dan tartar maka semakin lama pula proses pembersihannya.

Manfaat Scaling Gigi

Untuk menghindari karang gigi menjadi semakin parah dan menimbulkan peradangan, proses pembersihan karang gigi dapat dilakukan dengan teknik scaling oleh dokter gigi. Selain menghilangkan karang gigi, scaling secara teratur juga memberikan manfaat lain, diantaranya :

Mencegah kerusakan pada gigi

Karang gigi bisa menjadi sumber bersarangnya bakteri, yang jika dibiarkan maka lama-kelamaan akan merusak struktur gigi.

Menghilangkan bau mulut

Bakteri yang menyelinap di antara gigi dan karang gigi dapat menimbulkan bau mulut. Dengan perawatan scaling secara teratur dan sering berkumur dapat mengurangi dan bahkan menghilangkan bau mulut.

Mencegah perubahan warna pada gigi

Karang gigi dan sisa sisa makanan dapat membuat warna gigi menjadi kuning karena proses mineralisasi, dengan melakukan scaling lapisan karang gigi yang mengeras dapat dihilangkan sehingga dapat mempertahankan warna putih alami gigi.

Mencegah radang gusi

Gingivitis atau radang gusi dapat diakibatkan oleh plak dan karang gigi yang menumpuk di sekitar gigi dan gusi.

Mencegah dari penyakit periodontitis

Periodontitis merupakan tahap lanjutan dari radang gusi, yang biasanya dikenali dengan adanya pembengkakan pada gusi dan dapat berisi nanah. Kondisi gigi yang bebas plak dan karang gigi dapat mengurangi resiko infeksi ini.

Mencegah gigi goyang

Karang gigi yang mengeras dapat mengikis enamel pada gigi dan mendorong gusi semakin ke bawah sehingga gigi menjadi lebih mudah goyah.

Menghilangkan karang gigi dapat membantu memelihara tumpuan gigi agar dapat tetap kokoh diatas gusi.

Perawatan Gigi Pasca Scaling

Setelah menjalani scaling gigi, beberapa orang mengeluhkan rasa ngilu pada gigi dan nyeri pada gusi. Untuk mengurangi rasa yang tidak nyaman, biasanya dokter gigi akan merekomendasikan obat kumur atau obat minum.

Berikut adalah tips penting perawatan pasca scaling gigi  :

Rutin menyikat gigi dua kali sehari, dengan sikat gigi yang lembut dan cara yang benar. Bisa menggunakan pasta gigi sensitif untuk daerah sensitive.

Secara teratur membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss, dua kali dalam sehari.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang

Menghindari makanan manis, soda, alcohol dan rokok

Berkonsultasi dengan dokter gigi secara teratur 1-2 kali dalam setahun

Mencegah tentu akan lebih baik daripada harus mengobati. Mulailah menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dengan rajin menggosok gigi, flossing dan berkumur.

Dengan begitu, pembentukan karang gigi yang dapat menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut dapat dicegah.

Tentang BIMC Dental Centre

BIMC Hospital Nusa Dua yang berlokasi dikawasan ITDC Nusa Dua mengembangkan pelayanan khusus untuk perawatan gigi baik medis maupun estetik.

Fasilitas yang tersedia di BIMC Dental Centre ini merupakan fasilitas dental kelas satu yang nyaman dan steril untuk perawatan gigi dimulai dari unit dental chair, panoramic x-ray dan dental in-house lab.

BIMC Dental Centre melayani perawatan gigi dan mulut mulai dari tindakan pencegahan, pemeriksaan gigi dan mulut mulai dari tindakan pencegahan, pemeriksaan gigi dan mulut berkala,

tambal gigi, veneers, crown dan bridge, perawatan saluran akar gigi, perawatan periodontal  implant, perawatan gigi goyah, bleaching, dan pencabutan gigi.

4 dokter gigi di BIMC Dental Centre siap melayani kebutuhan perawatan gigi

drg.  Putu Ari Listya Nurina

Senin, Jam 09.00 s/d 13.00

Selasa, Jam 13.00 s/d 17.00

Sabtu & Minggu, Jam 09.00 s/d 15.00

drg.Harry Iskandar, Sp.Pros

Rabu, Jam 13.00 s/d 17.00

Kamis, Jam 09.00 s/d 17.00

Jumat, Jam 09.00 s/d 13.00

drg. Regina Sylvie Salam Saputri, S.KG

Senin & Jumat, 13.00 s/d 17.00

Selasa & Rabu, Jam 09.00 s/d 13.00

Untuk membuat janji pertemuan dengan dokter gigi di BIMC Dental Centre, hubungi staff kami melalui email di dentalcentre@bimcbali.com atau WhatsApp di +62 811 3896 113. (rba)

 

(rb/mus/mus/JPR)

 TOP