Minggu, 15 Dec 2019
radarbali
icon featured
Politika

Pilpres Naikkan Suara Caleg, PDIP Klaim Borong 31 Kursi di DPRD

20 April 2019, 14: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

pemilu 2019, pilpres 2019, suara caleg naik, pdip tabanan, dprd tabanan, dprd bali

Ilustrasi perhitungan suara (Adrian Suwanto/Radar Bali)

Share this      

TABANAN – Raihan suara calon presiden Jokowi-Maruf Amin yang menang telak di Tabanan mencapai 90 persen, memberi dampak signifikan terhadap perolehan suara caleg DPRD Bali dan Tabanan dari PDIP Tabanan.

Semula PDIP Tabanan yang hanya menargetkan tambahan 5 kursi dari 22 PDIP dewan Tabanan. Tapi, hasilnya justru melesat jauh dari target sebelumnya.

Sebanyak 31 kursi DPRD Tabanan berpotensi diboyong habis oleh banteng moncong putih. Sementara pada kursi DPRD Provinsi juga berpotensi mengalami  peningkatan yang semula hanya 3 kursi kini naik menjadi 5 kursi.

Peningkatan jumlah kursi PDIP di DPRD Tabanan dan DPRD Provinsi itu disampaikan Ketua DPC PDIP Tabanan I Komang Gede Sanjaya kemarin.

Menurutnya, penambahan kursi DPRD kabupaten dan provinsi setelah dilakukan penghitungan rekapitulasi secara internal di DPC PDIP Tabanan.

“Itu data sementara dari badan saksi pemenangan pemilu nasional PDIP Tabanan. Per hari ini masih dilakukan perhitungan suara,” ungkapnya.

Ada lima orang yang akan melenggang ke kursi DPRD Provinsi diantaranya Nyoman Adi Wiryatama, I Ketut Purnaya, I Ketut Boping Suryadi, I Made Suparta, dan Gusti Ayu Manik Ariani.

Sedangkan untuk tambahan kursi DPRD Tabanan yang semula hanya 22 itu tetap. Sembilan kursi akan diisi oleh wajah baru. Lebih banyak wajah baru PDIP diisi oleh Srikandi.

“Sembilan kursi ini tersebar di semua dapil dengan 8 kader perempuan PDIP dan 1 kader laki-laki,” tegasnya.   

Perolehan suara di luar perkiraan, ini sejatinya tidak lepas dari kerja keras semua pihak jajaran struktur partai, anak ranting, ranting, PAC kecamatan, DPC, hingga DPD dan semua relawan.

Selain itu imbas Pilpres sangat berpengaruh suara PDIP di Tabanan dan hasil Pilgub Bali. Inilah yang membuat suara caleg mengalami kenaikan untuk PDIP Tabanan.

“Saya sangat yakni 9 penambahan kursi. Setelah lihat hasil rekapitulasi sementara yang baru mencapai 75 persen. Meski belum 100 persen suara caleg secara keseluruhan,” beber Sanjaya.

Urutan tertinggi suara caleg untuk DPRD Kabupaten Tabanan berada di dapil 4 (Kediri-Marga) yakni  Putu Eka Nurcahyadi. Sedangkan untuk suara caleg di tingkat Provinsi Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama.  

“Saya sangat bersyukur dengan raihan suara ini mengembalikan kejayaan PDIP tahun 1999 silam dengan 31 kursi di kuasai oleh PDIP di DPRD Tabanan,” pungkasnya.

(rb/jul/mus/JPR)

 TOP