Kamis, 20 Jun 2019
radarbali
icon featured
Travelling

Lestarikan Budaya Leluhur, Warga Pedawa Gelar Atraksi Budaya Bali Aga

21 April 2019, 09: 43: 10 WIB | editor : ali mustofa

budaya leluhur, warga pedawa, gelar atraksi, budaya bali aga, pemkab buleleng

Atrasi seni budaya di Lapangan Yeh Embung, Banjar Dinas Insakan, Desa Pedawa. (Eka Prasetya/Radar Bali)

Share this      

SINGARAJA – Warga di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, menggelar atraksi seni dan budaya Pedawa. Atraksi seni budaya itu, akan mengeksplorasi keunikan yang ada di Desa Pedawa.

Mengingat desa itu merupakan salah satu dari lima gugusan desa tua yang ada di Kecamatan Banjar. Atraksi seni budaya itu akan berlangsung selama dua hari.

Mulai kemarin (19/4) hingga hari ini (20/4). Seluruh kegiatan akan dipusatkan di Lapangan Yeh Embung, Banjar Dinas Insakan, Desa Pedawa.

Ketua Panitia Gede Sudana mengatakan, atraksi seni bduaya itu sengaja digelar sebagai ajang pelestarian adat dan budaya di Desa Pedawa.

Utamanya adat dan budaya yang khas Bali Aga. Dengan upaya pelestarian itu diharapkan warga semakin intens menggeluti seni dan budaya.

Nantinya dalam atraksi itu akan dihadirkan sejumlah kesenian dan budaya. Diantaranya tari-tarian, baleganjur, janger, joged, gita santhi, pencak silat, tajog, sampi gerumbungan, termasuk permainan megangsingan.

“Kami ingin eksplorasi potensi seni budaya yang ada di desa kami. Harapannya nanti ini bisa mendukung upaya pemerintah menjadikan Pedawa sebagai salah satu desa wisata di Kecamatan Banjar,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut Agus hal itu sangat penting untuk menggali lagi potensi yang ada di desa-desa. Terutama pada desa tua yang ada di Kabupaten BUleleng.

Ia berharap nantinya bukan hanya Desa Pedawa saja yang menggelar agenda rutin. “Tapi desa-desa lain di kawasan Bali Aga ini bisa

menggelar event bersama. Sehingga kunjungan wisata akan menekan. Sektor UMKM juga akan bergerak,” kata Agus.

(rb/eps/mus/JPR)

 TOP