Senin, 09 Dec 2019
radarbali
icon featured
Radar Buleleng

Hari Ini, USBN dan UN SMP Serentak Digelar

22 April 2019, 08: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

unas smp, disdik buleleng, unas serentak

Ilustrasi (dok.radarbali)

Share this      

SINGARAJA – Ujian Sekolah Berstandar Nasional bagi siswa sekolah dasar dan Ujian Nasional bagi siswa SMP, akan digelar hari ini (22/4).

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng telah melakukan serangkaian persiapan menghadapi proses ujian tersebut.

Khusus untuk UN SMP, rencananya akan diselenggarakan dalam dua metode. Baik itu Ujian Nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hampir seluruh persiapan sudah dilakukan, dan tinggal pelaksanaan saja. “Untuk UNKP, soal-soal sudah didistribusikan. Sedangkan untuk UNBK kami sudah siapkan perangkatnya,

koneksi yang stabil, termasuk berkoordinasi juga dengan PLN biar ada jaminan tidak ada pemadaman. Petugas proktor dan teknis juga sudah siap,” kata Sekretaris Disdikpora Buleleng Made Astika.

Sementara untuk USBN, Disdikpora juga telah melakukan distribusi soal. Soal-soal tersebut telah didistrbusikan pada Sabtu (20/4) lalu di Disdikpora Buleleng.

Selanjutnya soal-soal tersebut didistribusikan ke sekolah-sekolah gugus inti di Buleleng. “Saat distribusi soalnya dicek dulu, supaya tidak ada kekurangan atau soal yang tertukar.

Setelah itu baru dibawa ke sekolah gugus inti. Disimpan di sana, sebelum didistribusikan besok (hari ini, Red),” imbuh Astika.

Tahun ini ada 504 SD/Madrasah yang menyelenggarakan USBN, dengan total 11.300 siswa yang akan mengikuti USBN.

Para kepala sekolah juga telah dibekali dengan formulir pelaporan secara online. Hal itu akan mempercepat proses pelaporan ke Disdikpora Buleleng. 

(rb/eps/mus/JPR)

 TOP