Minggu, 26 Jan 2020
radarbali
icon featured
Politika

Gerindra Terpuruk, PDIP Klungkung Berpeluang Rebut Kursi Ketua DPRD

22 April 2019, 13: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

pemilu 2019, gerindra terpuruk, pdip klungkung, kursi ketua dprd

Ilustrasi (Miftahuddin Halim/Radar Bali)

Share this      

SEMARAPURA - PDIP Klungkung kembali berjaya dalam pemilihan umum 2019. Bahkan, perolehan kursi partai berlambang banteng moncong putih itu jauh

melampaui perolehan kursi Partai Gerindra yang sebelumnya berhasil menempatkan kadernya sebagai Ketua DPRD Klungkung periode 2014-2019.

Berdasar prediksi data sementara yang berhasil dihimpun di lapangan, PDIP Klungkung berhasil memperoleh 10 kursi di Pemilu 2019.

Di daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Klungkung, PDIP berhasil memperoleh 3 kursi, Nusa Penida 3 kursi, Dawan 2 kursi, dan Banjarangkan 2 kursi.

Jumlah perolehan kursi tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan dibanding perolehan kursi Pemilu 2014 lalu yang hanya 7 kursi.

Sementara Partai Gerindra yang sebelumnya mendapat 8 kursi, kini hanya mendapat 7 kursi. Masing-masing di Kecamatan Klungkung sebanyak 1 kursi, Banjarangkan 1 kursi, Dawan 2 kursi, dan Nusa Penida 3 kursi.

Sementara itu, Partai Golkar yang pada Pemilu 2014 berhasil memperoleh 4 kursi, kini hanya memperoleh 3 kursi yang tersebar di dapil Kecamatan Klungkung 1 kursi, Banjarangkan 1 kursi, dan Dawan 1 kursi.

Partai Nasdem yang sebelumnya memperoleh 1 kursi, kini memperoleh 3 kursi yang tersebar di Kecamatan Klungkung 1 kursi, Banjarangkan 1 kursi, dan Dawan 1 kursi.

Sedangkan Hanura yang sebelumnya memperoleh 5 kursi, kini memperoleh 3 suara yang tersebar di Kecamatan Klungkung 1 kursi, Banjarangkan 1 kursi, dan Nusa Penida 1 kursi.

Partai Demokrat yang sebelumnya memperoleh 3 kursi, kini hanya memperoleh 2 kursi yang tersebar di dapil Kecamatan Banjarangkan 1 kursi, dan Nusa Penida 1 kursi.

Sedangkan PKS dan Perindo, pada pemilu kali ini berpeluang memperoleh 1 kursi. Hanya saja berdasar informasi di lapangan, posisi PKS belum aman karena masih bersaing dengan Partai Gerindra untuk mendapatkan satu kursi tersebut.

Dengan perolehan kursi sebanyak itu, sudah barang tentu posisi Ketua DPRD Klungkung akan diduduki oleh PDIP. Sementara Partai Gerindra harus puas di posisi wakil ketua.

Ketua DPC PDIP Klungkung AA Gede Anom enggan berkomentar banyak mengenai perolehan suara yang berhasil diraih partainya dalam pemilu kali ii.

Hanya saja pihaknya mengamini jika PIDP berhasil memperoleh 10 kursi. Atas capaian itu, ia mengaku sangat bersyukur dan menurutnya capaian tersebut berkat usaha seluruh pihak.

Selain itu, nama Joko Widodo tidak bisa dipungkiri memiliki andil dalam perolehan PDIP Klungkung tersebut.

“Perolehan suara yang berhasil kami kumpulkan dan hitung baru sekitar 83 persen,” tandasnya.

(rb/ayu/mus/JPR)

 TOP