Kamis, 14 Nov 2019
radarbali
icon featured
Dwipa

Pascaerupsi Besar, PVMBG: Volume Kawah Masih 20 Juta Meter Kubik

23 April 2019, 12: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

erupsi gunung agung, kawah gunung agung, pascaerupsi besar, volume kawah, pvmbg ri

MASIH JAUH : Kondisi volume kawah Gunung Agung masih kurang dari separo kedalaman kawah, kisaran 20 juta meter kubik. (Istimewa)

Share this      

AMLAPURA—Setelah erupsi lagi Minggu dini hari dan petang hari (21/4), volume kawah Gunung Agung jadi perbincangan luas.

Warga bahkan ikut mempertanyakan  kenapa zona bahaya masih di 4 kilometer. Padahal, warga yang bermukim di Kawasan Rawan Bencana (KRB) I, II dan III sempat khawatir.

Terutama para peternak. Mereka waswas kalau gunung akan meletus dan mereka mengungsi lagi sehingga ternak harus dijual murah.

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani di Pos Pantau Gunung Api Agung di Rendang, Karangasem, apa yang di khawatirkan tersebut tak perlu terjadi.

“Saat ini  volume kawah Gunung Agung masih kisaran 20 juta meter kubik,” ujarnya. Volume kawah tersebut masih jauh bahkan belum ada setengahnya dari volume total kawah Gunung Agung.

Dengan jumlah tersebut, volume kawah saat ini belum sampai setengahnya. Apalagi sampai mendekat atau menyentuh puncak dinding kawah.

Sekalipun ada penambahan itu hanya sedikit alias tidak signifikan. Saat itu jarak  dinding kawah dengan material masih sekitar 90 sampai 100 meter.

Selain itu dari data dan analisis seismic, data deformasi sejauh ini belum ada tanda- tanda tekanan yang mengarah ke erupsi besar.

Karena itu jarak aman masih berada pada zona 4 kilometer dan masih level III atau siaga.

(rb/tra/mus/JPR)

 TOP