Kamis, 20 Jun 2019
radarbali
icon featured
Politika

Suara Alit Yandinata Melesat,PDIP Prediksi Rebut 6 Kursi di Abiansemal

25 April 2019, 06: 47: 30 WIB | editor : ali mustofa

pemilu 2019, caleg pdip, alit yandinata, pdip badung, dapil abiansemal

Alit Yandinata meraih suara tertinggi di dapil Abiansemal (Istimewa)

Share this      

MANGUPURA-Pertarungan sengit di Daerah Pemilihan (Dapil) Badung II Abiansemal dalam Pileg, 17 April lalu sangat ketat.

Dapil yang disebut-sebut “angker” mampu dikuasi oleh Calon Legislatif (Caleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Caleg PDIP Badung nomor urut 5  I Putu Alit Yandinata berhasil melesat tinggi dalam perolehan suara di Abiansemal. Prediksi sementara perolehan suara tembus 11.228. 

Disusul  lima rekannya sesama partai moncong putih juga  dipastikan lolos ke parlemen dengan prediksi perolehan suara yang cukup signifikan.

Mereka adalah Ida Bagus Sunartha (7.664),  I Made Ponda Wirawan (9.514),  I Nyoman Dirga Yusa (6.812), I Nyoman Gede Wiradana (6.268), dan Ni Luh Sekarini dengan suara paling buncit sebanyak 454 suara. 

Enam jagoan banteng ini berhasil menggusur  tiga caleg incumbent sekaligus, yakni I Made Subawa (Hanura), I Nyoman Sentana (Gerindra), dan Nyoman Oka Widyanta (Demokrat).

Ketiga politisi dari tiga partai ini tumbang tanpa suara yang berarti. Hanya dua incumbent non PDI Perjuangan yang berhasil mengamankan kursi, yakni I Gusti Ngurah Shaskara (Golkar) dan I Gede Suardika (Nasdem.

Lolosnya I Gede Suardika, politisi “sematang wayang” Nasdem ini bahkan tergolong dramatis. Putu Alit Yandinata membenarkan suara PDI Perjuangan meningkat drastis di Abiansemal.

Dirinya saja mengaku memperoleh suara sementara tembus di angka  11.228 atau tertinggi di Dapil Abiansemal.

“Iya, suara tertinggi Dapil Abiansemal, dari hitungan C1 saya dapat kurang lebih sekitar 11.228 suara,” ungkap Alit.

Ketua Komisi III DPRD Badung ini menyebut dengan besarnya suara PDI Perjuangan di Abiansemal membuat partainya berhasil merebut 6 kursi dari 8 yang tersedia di Dapil Abiansemal.

“Sudah pasti 6 dari 8 kursi Dapil Abiansemal milik PDI Perjuangan,” kata Alit Yandinata. Sebagai peraih suara terbanyak ia mengakui telah mempersiapkan strategis dan tim teknis jauh-jauh sebelumnya.

Dimana tiap desa dan banjar dibentuk “mesin politik”  Berupa koordinator teknis (Kortek) 5AY untuk mencari dukungan dan mengawal suara-suara dirinya di seluruh Kecamatan Abiansemal.

Alhasil, mesin Kortek 5AY terbukti bekerja dengan baik, sehingga mampu meningkatkan perolehan suara secara signifikan.

(rb/dwi/mus/JPR)

 TOP