Rabu, 13 Nov 2019
radarbali
icon featured
Travelling

Kunjungan di Nusa Membludak, Tingkat Hunian Meningkat Tak Signifikan

08 Juni 2019, 12: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

pariwisata nusa penida, kunjungan wisatawan, tingkat hunian hotel, dispar klungkung

PESONA ALAMI: Wisatawan menikmati pemandangan tebing berpadu dengan perairan Samudera Hindia di Nusa Penida (Istimewa)

Share this      

SEMARAPURA - Kecamatan Nusa Penida sejak beberapa hari terakhir dipadati oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Saking banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Telur Emas Bali ini, kemacetan panjang pun tidak bisa dihindarkan di jalan-jalan menuju sejumlah objek wisata di Nusa Penida.

Meski begitu, tingkat hunian hotel di Kecamatan Nusa Penida rata-rata berkisaran 60-80 persen. Beda halnya dengan tahun-tahun sebelumnya yang bisa habis terpesan atau full booking.

Ketua PHRI Klungkung I Wayan Kariana menuturkan, memasuki musim liburan atau high season, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kecamatan Nusa Penida mengalami peningkatan.

Begitu pula dengan wisatawan domestik juga mengalami peningkatan mengingat adanya libur hari raya Idul Fitri.

Meski begitu jumlah wisatawan domestik hanya sekitar 30 persen dibandingkan total jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kecamatan Nusa Penida.

“Masih jauh lebih banyak wisatawan mancanegara,” ujarnya. Meski terlihat peningkatan kunjungan wisatawan, sampai-sampai sejumlah ruas jalan menuju objek wisata

di Nusa Penida terjadi kemacetan panjang, menurutnya rata-rata tingkat hunian hotel saat ini tidak mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Untuk di Nusa Lembongan, berkisar 60-75 persen. Sementara di Nusa Penida sekitar 80 persen. Beda dengan tahun sebelum-sebelumnya rata-rata bisa sampai full booking,” ungkapnya.

(rb/ayu/mus/JPR)

 TOP