Kamis, 21 Nov 2019
radarbali
icon featured
Metro Denpasar

Ini Daftar Negara yang Bisa Dilacak Autogate Canggih Bandara di Bali..

15 Juni 2019, 14: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

autogate canggih, bandara ngurah rai, wna overstay, imigrasi ngurah rai

Beberapa penumpang saat menggunakan autogate di terminal keberangkatan internasional Bandara Ngurah Rai diarahkan petugas Imigrasi (Marcell Pampur/Radar Bali)

Share this      

TUBAN - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, kini dilengkapi dengab autogate supercanggih. Fasilitas terbaru ini terpasang di terminal kedatangan dan keberangkatan internasional.

Fasilitas ini merupakan yang pertama di Indonesia. Hebatnya, selain mempercepat proses pemeriksaan, pintu canggih ini juga bisa mendeteksi WNA yang sudah over stay di Indonesia.

Kepala Imigrasi Kelas 1 Khusus Bandara Ngutah Rai Amran Rais mengatakan, belum semua negara bisa menggunakan dan memanfaatkan fasilitas supercanggih ini.

Untuk di autogate di pintu keberangkatan, hanya boleh digunakan oleh penumpang berpasport terbitan Indonesia.

Sedangkan untuk autogate di terminal keberangkatan internasional hanya boleh digunakan oleh WNA dari 12 negara.

Dengan catatan WNA itu datangnya melalui Bandara Ngurah Rai. 12 negara yang dapat melalui autogate ini antara lain Brunei Darusalam,

Kamboja, Timor Timur, Laos, Malaysia, Myanmar, Philipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Australia, dan Selandia Baru.

"Selain itu digunakan oleh orang yang telah berusia di atas 14 tahun. Karena pada pintu tersebut selain dilakukan sidik jari juga dapat difoto secara otomatis dengan posisi kameranya cukup tinggi," tambah Amran Aris.

Autogate ini disambut baik para penumpang. Neville asal Australia saat ditemui di autogate keberangkatan mengatakan bahwa fasilitas ini bisa sangat mempermudah para penumpang.

Bahkan, kata dia, di Australia pun  belum ada fasilitas secanggih itu. "Ini pertamakalinya saya menggunakannya. Dan ini sangat membantu," tandasnya. 

(rb/mar/mus/JPR)

 TOP