Jumat, 19 Jul 2019
radarbali
icon featured
Politika

Temui Gus Gaga, Gung Bharata: Dengan Siapapun Saya Harus Baik

11 Juli 2019, 13: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

gus gaga, gung bharata, mantan sekda, mantan bupati, jelang mediksa

Panglingsir Puri Agung Gianyar, Anak Agung Gde Bharata akan menjadi Ida Bagawan Blebar Gianyar pada 16 Juli mendatang (Indra Prasetia/Radar Bali)

Share this      

GIANYAR – Mantan bupati Gianyar yang juga panglingsir Puri Agung Gianyar, Anak Agung Gede Agung Bharata akan mediksa atau menjadi sulinggih pada 16 Juli mendatang.

Menjelang upacara mediksa, Gung Bharata-sapaan akrabnya menemui mantan Sekda Gianyar, Ida Bagus Gaga Adisaputra yang kini lolos sebagai anggota DPRD Gianyar.

“Sebelum mediksa, dengan siapapun saya harus baik,” ujar Gung Bharata di puri, kemarin (10/7).

Melalui seorang perantara, guru perisai diri, pertemuan Gung Bharata  dan Gus Gaga berlangsung di kediaman Gus Gaga pada Selasa malam (9/7).

“Respon Gus Gaga dan keluarganya baik. Ini moment yang baik bagi saya. Ini sangat menggembirakan dan sejarah bagi diri saya,” jelasnya.

Pertemuan itu, kata Gung Bharata seperti sudah petunjuk yang di atas. “Ini petuduh batara. Kalau dibikin-bikin tidak bisa,” jelasnya.

Menurutnya, pertemuan itu juga untuk menjalin keharmonisan. Saat upacara mediksa, pada 16 Juli, atau bertepatan bulan purnama, Gus Gaga akan diundang. “Pasti saya undang,” ujarnya. 

Bagi Gung Bharata, memilih jalan mediksa atas kebulatan tekadnya. “Ini tekad saya. Ingin mendoakan alam supaya baik,

supaya tidak ada gerubuk (wabah, red). Alasannya menjadi rahasia Tuhan, menjadi rahasia pribadi saya,” jelasnya.

Lanjut Gung Bharata, saat mediksa nanti, dia diberi gelar Ida Bagawan Blebar Gianyar. “Itu atas petunjuk dari nabe saya dari Geria Siangan,” ungkapnya.

Dia menjadi sulinggih hanya untuk menyucikan diri saja. “Saya tidak muput, saya harus lihat kemampuan diri saya dulu,” jelasnya.

(rb/dra/mus/JPR)

 TOP