Kamis, 21 Nov 2019
radarbali
icon featured
Bali United

Indonesia Babak Belur di Kandang, Simonout Jadi Trending Topic

15 Oktober 2019, 20: 52: 04 WIB | editor : ali mustofa

bali united, piala dunia, timnas indonesia, timnas vietnam, simonout, trending topic

Pelatih Indonesia Simon Mcmenemy (Istimewa)

Share this      

GIANYAR – Tak mudah bagi Indonesia untuk merebut kemenangan perdana di laga prakualifikasi Piala Dunia kontra Vietnam di Stadion Kapten Dipta, Selasa (15/10) malam.

Justru Irfan Bachdim dkk babak belur setelah kembali tumbang dengan skor telak 1 – 3. Kekalahan keempat ini memupus peluang Indonesia untuk lolos di babak grup.

Peluang Pelatih Timnas Indonesia Simon Mcmenemy ditendang kian terbuka setelah dalam empat pertandingan terakhir gagal memberikan kemenangan untuk skuad Garuda.

Bahkan, di lini masa twitter, tagar #Simonout langsung masuk trending topic usai Indonesia kalah dengan skor menyakitkan.

Sejak babak pertama, Vietnam menekan pertahanan Indonesia. Nguyen Quang Hay bahkan mendapat dua peluang dari tendangan bebas dan tembakan jarak jauh.

Namun, bola yang dia lepaskan masih melambung tinggi di atas mistar. Indonesia menekan di menit ketujuh melalui kerjasama satu dua antara Saddil Ramdani dan Stefano Lilipaly.

Tapi, umpan silang Saddil masih melambung jauh dari sasaran. Tembakan ketiga Vietnam diciptakan di menit ke-13, dari bola yang sangat jauh Quang Hai meluncurkan ke arah gawang.

Beruntung Muhammad Ridho mampu menangkap bola dengan baik. Vietnam terus menggempur pertahanan Indonesia.

Setidaknya hingga menit 15 skuad Golden Star – julukan Vietnam mampu membuat Indonesia terkurung di separuh lapangan.

Serangan dari Indonesia yang berhulu dari kaki Riko Simanjuntak di menit ke-17 masih gagal dimanfaatkan karena umpan yang buruk dari Riko kepada Beto Goncalves.

Tekanan intens Vietnam akhirnya berbuah manis. Berawal dari tendangan sudut, Do Duy Manh sukses untuk mengubah kedudukan di menit ke-25 setelah menjebol gawang M.Ridho.

Tiga menit kemudian, peluang emas didapatkan Van Toan di depan gawang usai menerima sodoran Quang Hai.

Namun, sepakan pemain depan Vietnam itu masih melambung tinggi di atas mistar. Indonesia mulai menekan di menit ke-35, setelah kemelut di depan gawang Van Lam gagal diselesaikan oleh Beto.

Kali ini Lilipaly melakukan sepakan gunting usai menerima umpan panjang. Namun, bola yang dia lepaskan masih melambung.

Di babak kedua, Vietnam terus mengurung Indonesia. Dan, petaka terjadi di depan gawang Indonesia setelah pergerakan Do Hung Dung di menit ke-53 mendapatkan tekel dari Yanto Basna.

Tanpa ragu wasit langsung menunjuk titik putih. Eksekusi yang kemudian dilakukan oleh kapten Ngoc Hai melesak mulus ke gawang M Ridho. Indonesia ketinggalan dua gol di kandang sendiri.

Vietnam kembali mendapatkan peluang bagus dari sebuah tembakan jarak jauh yang dilakukan Van Toan. Beruntung bagi Indonesia karena gol ketiga tidak terjadi setelah ada blok dari Ridho.

Tapi saying di menit ke-61 Nguyen Tien Linh lolos dari jebakan offside. Dia bergerak bebas dan melesakkan tembakan keras untuk menjebol gawang Ridho untuk ketiga kalinya.

Meski diberondong tiga gol, Indonesia terus memberikan perlawanan. Dan, Stefano Lilipaly mendapat peluang emas di depan gawang Vietnam di menit ke-70.

Namun, tembakan keras yang dia lakukan masih mendapatkan blok dari pemain Vietnam. Tiga menit kemudian, Beto mendapatkan peluang di kotak penalti.

Tapi, tembakan keras yang dia lakukan masih melebar di sisi kiri gawang. Ini menjadi tembakan pertama Beto Goncalves.

Dan, sebelum pertandingan berakhir, Indonesia berhasil menceploskan bola ke gawang Vietnam melalui Irfan Bachdim setelah mendapat sodoran bola dari Ricko Simanjuntak.

(rb/mus/mus/JPR)

 TOP