Rabu, 11 Dec 2019
radarbali
icon featured
Dwipa

Tinggalkan Bali, KRI Bima Suci Tuntaskan Pelayaran Menuju Australia

26 Oktober 2019, 22: 10: 47 WIB | editor : ali mustofa

KRI Bima Suci, TNI Angkatan Laut, TNI AL, Mabesal, Koarmada II, Taruna AAL, Kartika Jala Krida, KJK Angkatan 66, Lanal Denpasar,

TINGGALKAN PULAU BALI : Sejumlah masyarakat, personel, staf dan perwira saat melepas KRI Bima Suci-945 melanjutkan misi pelayaran sebagai duta bangsa menuju Darwin, Australia di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Bali, Sabtu (26/10) (Pen Lanal Denpasar for Radar Bali)

Share this      

DENPASAR-Suasana haru tampak dirasakan ratusan masyarakat, personel, staf dan perwira di lingkungan Pangkalan TNI AL Denpasar, Bali , Sabtu pagi (26/10).

Keharuan masyarakat dan prajurit TNI AL itu terjadi saat mereka melepas KRI Bima Suci-945 menuju Darwin, Australia setelah sebelumnya singgah selama tiga hari di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Bali.

Kapal Latih generasi penerus KRI Dewa Rutjhi ini akan melanjutkan pelayaran Duta Diplomasi Bangsa bersama Taruna dan Taruni AAL Tingkat III Angkatan ke - 66 yang terlibat dalam Satlat KJK Taruna AAL tahun 2019. 

KRI Bima Suci, TNI Angkatan Laut, TNI AL, Mabesal, Koarmada II, Taruna AAL, Kartika Jala Krida, KJK Angkatan 66, Lanal Denpasar,

LANJUTKAN MISI PELAYARAN : KRI Bima Suci-945 saat meninggalkan Dermaga Timur Pelabuhan Benoa Bali menuju Darwin, Australia (Pen Lanal Denpasar for Radar Bali)

Seperti sudah menjadi bagian tradisi di lingkungan TNI AL bahwa KRI yang akan berangkat berlayar untuk melaksanakan tugas operasi dan latihan diwajibkan mengecek semua kesiapan alutsista dan personel di masing-masing departemen.

Hal ini dilakukan guna menjamin kesiapan kapal yang akan berangkat ke medan tugas.

KRI Bima Suci - 945 yang menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia akan berlayar menuju Australia untuk menuntaskan sisa pelayaran.

Kapal buatan Vigo, Spanyol tahun 2017 yang membawa 89 ABK, 18 orang staff pelatih,  lima orang Taruna AL Australia dan 83 orang Taruna AAL akan unjuk kebolehan setibanya di Australia.

Sebelum melepas keberangkatan KRI Bima Suci - 945, Wakil Gubernur  AAL, Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. berkenan menerima laporan dari Dansatgas Duta Diplomasi Bangsa dan Satlat KJK Taruna AAL tahun 2019.

Didampingi Komandan Lanal Denpasar- Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko dan ratusan tamu undangan dari Forkompimda Bali, unsur maritime, dan masyarakat kota Denpasar, Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. sempat menyaksikan para Taruna mendemonstrasikan Tarian Aster Dance di Dermaga Benoa sebagai tarian khas Taruna AAL.

Kemeriahan tarian tersebut mampu menarik pesona tamu undangan dan memberikan kesan kepada seluruh masyarakat Bali bahwa KRI Bima Suci - 945 dan Taruna AAL laik menjadi Diplomasi Duta Bangsa yang dapat mengharumkan Indonesia di mata dunia Internasional. 

Sementara tepat pukul 08.30 Wita, para Taruna dan Taruni AAL melaksanakan Parade Roll yaitu atraksi dimana Taruna dan Taruni AAL akan memenuhi tiang-tiang kapal layar dan melambaikan tangan kepada masyarakat di sekitar Dermaga saat kapal akan berangkat, dan KRI Bima Suci lepas tali dari Pelabuhan Benoa Bali menuju Darwin Australia yang dilepas oleh Wagub AAL, serta tamu undangan lainnya dari pelabuhan Benoa Bali

(rb/pra/mus/JPR)

 TOP