Minggu, 15 Dec 2019
radarbali
icon featured
Metro Denpasar
Desa Adat Banjarsayan

Hadiri Karya Atma Wedana, Bupati Giri Sokong Dana Upakara Rp 700 Juta

10 November 2019, 20: 47: 38 WIB | editor : ali mustofa

desa adat banjarsayan, karya atma wedana, bupati giri prasta, dana upakara, pemkab badung

Bupati Giri Prasta menghadiri rangkaian Karya Atma Wedana krama Desa Adat Banjarsayan, Desa Werdi Bhuwana, Kecamatan Mengwi di areal Pura Prajepati Desa Adat Banjarsayan, Jumat (8/11). (Humas Pemkab Badung for Radar Bali)

Share this      

MANGUPURA - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Ketua DPRD Badung Putu Parwata dan anggota DPRD I Wayan Regep menghadiri rangkaian Karya Atma Wedana

(Magerit Massal) yang dilaksanakan krama Desa Adat Banjarsayan, Desa Werdi Bhuwana, Kecamatan Mengwi di areal Pura Prajepati Desa Adat Banjarsayan, Jumat (8/11).

Guna mendukung karya tersebut Bupati menghaturkan dana upakara sebesar Rp 700 juta yang diterima Bendesa Adat Banjarsayan I Made Kartika didampingi Ketua Panitia I Wayan Sepen.

Dalam sambutannya Bupati Giri Prasta sangat mendukung pelaksanaan Karya Atma Wedana secara bersama-sama dari krama Desa Adat Banjarsayan.

Apa yang telah dilaksanakan ini, sudah menjadi komitmen dan sejalan dengan program prioritas Pemkab Badung salah satunya dibidang seni, adat agama dan budaya.

"Bagi krama maupun Desa Adat yang dapat melaksanakan karya atma wedana secara massal, kami Pemkab Badung siap memfasilitasi dan mendukung sepenuhnya berkaitan dengan dana upakara.

Melalui karya ini akan mampu mempererat rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan serta gotong-royong, " jelas Bupati Giri Prasta.

Menurut Bendesa Adat Banjarsayan, I Made Kartika, Karya Atma Wedana ini merupakan program Desa Adat Banjarsayan yang rutin dilaksanakan setiap lima tahun sekali, dan tahun ini merupakan yang kelima kalinya.

Atma Wedana diikuti 58 sawa, sementara upacara ngaben sawa gede 14 diri, ngelungah 59 diri, metatah 94 orang dan mepetik metelubulan 204 orang.

Puncak karya dilaksanakan pada 9 Nopember 2019. Rangkaian Karya sudah dimulai sejak 19 Oktober lalu dengan upacara ngatur piuning dan ngawit mekarya.

Upacara pengabenan pada 4 Nopember dan puncak karya nyekah 9 Nopember. Besoknya 10 Nopember upacara nyegara gunung di segara Seseh.

"Karya ini kasanggra oleh tiga banjar adat yaitu Br. Adat Sayan Baleran, Br. Sayan Delodan dan Br. Binong dengan jumlah 770 KK. Selain dari krama Banjarsayan, karya ini juga diikuti krama dari Selan Bawak dan Ulun Uma," jelasnya.

Ia atas nama krama Desa Adat juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Badung dan DPRD Badung yang telah mendukung segala pembangunan di Desa Adat Banjarsayan termasuk karya atma wedana ini. (rba)

(rb/dwi/mus/JPR)

 TOP