Senin, 16 Dec 2019
radarbali
icon featured
Metro Denpasar

Jadi Kabupaten Sehat, Badung Dianugerahi Mendagri Swasti Saba Wistara

19 November 2019, 16: 52: 32 WIB | editor : ali mustofa

kabupaten bersih, mendagri tito karnavian, kabupaten badung, swasti saba wistara, diskes badung

Kabupaten Badung menerima penghargaan Kabupaten Sehat dengan tingkatan paling tertinggi yakni Swasti Saba Wistara yang diterima langsung Kepala Dinas Kesehatan dr. I Gede Putra Suteja. (Humas Pemkab Badung for Radar Bali)

Share this      

MANGUPURA - Upaya dan kerja keras Pemkab Badung yang didukung segenap jajaran DPRD dan masyarakat Badung 

dalam mewujudkan kondisi Badung yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni membuahkan hasil. 

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan RI menganugrahi Kabupaten Badung penghargaan Kabupaten Sehat dengan tingkatan paling tertinggi yakni Swasti Saba Wistara.

Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian kepada 

Kepala Dinas Kesehatan dr. I Gede Putra Suteja mewakili Bupati Badung di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11). 

Dengan diterimanya Penghargaan Swasti Saba Wistara ini, Badung sudah tujuh kali berturut-turut meraih penghargaan dibidang kesehatan.

Menurut Kadis Kesehatan Badung dr. I Gede Putra Suteja, penghargaan swasti saba wistara merupakan penghargaan tertinggi dibidang kabupaten/kota sehat. 

Penghargaan ini diberikan setiap dua tahun sekali dan Kabupaten Badung secara berturut-turut mulai tahun 2007, 2009, 2011, 2013, 2015 dan 2017 meraih penghargaan Kabupaten Sehat. 

"Tiga kali Badung meraih tingkat wiwerda yaitu tahun 2007, 2009 dan 2011 sedangkan dari tahun 2013, 2015, 2017 dan 2019 ini, 

Badung mampu meraih wistara sebagai penghargaan paling tinggi kabupaten/kota sehat taraf pengembangan dengan penilaian meliputi 6 tatanan," jelasnya seraya 

berharap dengan diraihnya penghargaan swasti saba wistara ini kedepan Kabupaten Badung dengan tatanan yang ada mampu meningkatkan kualitas kesehatan dan kualitas lingkungan di Badung.

Lebih lanjut Putra Suteja mengatakan, penghargaan ini diraih berkat kerja keras dibawah pembinaan dan asistensi secara berkelanjutan dari tim pembina provinsi maupun pusat.

"Kami tidak memandang penghargaan tersebut sebagai sebuah prestise semata, melainkan sebagai sebuah kepercayaan dan amanat yang diberikan kepada kami

untuk senantiasa mengawal serta semakin memantapkan gerak dan langkah kami dalam mewujudkan Kabupaten Badung yang sehat untuk kesejahteraan masyarakat," katanya. 

Dijelaskan bahwa penyelenggaraan program kabupaten sehat di Badung telah dilaksanakan melalui berbagai program/kegiatan lintas sektor 

yang mengedepankan partisipasi aktif masyarakat, serta mendorong penguatan sinergi antar seluruh pemangku kepentingan. 

Oleh karenanya Badung telah membentuk tim pembina kabupaten sehat dan tim forum kabupaten sehat di tingkat kabupaten, 

forum komunikasi kelurahan/desa sehat di tingkat kecamatan hingga pokja kelurahan/desa sehat di setiap desa/kelurahan. (rba)

(rb/dwi/mus/JPR)

 TOP