Senin, 16 Dec 2019
radarbali
icon featured
Events

Al Muhajirin Maknai Maulid Nabi dengan Menyama Braya

26 November 2019, 03: 05: 57 WIB | editor : ali mustofa

maulid nabi, nabi muhammad, al muhajirin, menyama braya, dalung permai

Tokoh Majelis Taklim Al Muhajirin H Romadhon S (kiri) dan Kelian Dinas Banjar Bhinus Kangin Wayan Karma (kanan) saat acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Balai Banjar Bhineka Nusa Kangin Perumahan Dalung Permai. (Hari Santoso/Radar Bali)

Share this      

DALUNG - Majelis Taklim Al Muhajirin Dalung Permai Sabtu (23/11) lalu menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini acara Maulid Nabi diselenggarakan di Balai Banjar Bhineka Nusa Kangin Perumahan Dalung Permai.

Acara dihadiri bukan hanya jamaah Majelis Taklim Al Muhajirin, tetapi juga dari berbagai kalangan di lingkungan banjar Bhineka Nusa Kangin, Dalung Permai.

Hadir dalam kemeriahan acara tersebut Kelian Dinas Bhineka Nusa Kangin, Wayan Sarma beserta jajarannya, termasuk Ibu-ibu PKK.

“Kebersamaan dan kerukunan ini harus selalu kita jaga dan tingkatkan,” ungkap Wayan Sarma dalam kata sambutannya.  

Maulid Nabi Muhammad SAW
maulid nabi, nabi muhammad, al muhajirin, menyama braya, dalung permai

CERIA: Qasidah Rebana Asy Syifa Dalung Permai (Hari Santoso/Radar Bali)

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW Majelis Taklim Al Muhajirin, H Romadhon S, kegiatan Maulid Nabi ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang diselenggarakan Majelis Taklim Al Muhajirin.

Yang spesial, untuk tahun ini penyelenggaraan kegiatan dilakukan di balai banjar, bukan di TPQ (Taman Pendidikan Al Qur’an) Al Muhajirin.

“Ini dimaksudkan untuk memaknai semangat menyama braya dengan sesama warga banjar,” kata H Romadhon S.

Hal ini juga sejalan dengan tema peringatan, “Dengan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Mari Kita Tingkatkan Ukhuwwah Islamiyah serta Kerukunan Antar Umat Beragama dan Kita Jaga Keutuhan NKRI.”

Rangkaian acara yang berlangsung sangat khidmat ini diawali dengan pembukaan. Dilanjutkan dengan pembacaan Kalam Illahi oleh Eka Suci Fitriani dengan sari tilawah Ni Wayan Harum.

Momen penyerahan apresiasi menjadi saat yang sangat ditunggu-tunggu anak-anak santri Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al Muhajirin.

Penyerahan apresiasi santri dilakukan langsung Kelian Dinas Bhinus Kangin dan Tokoh Majelis Taklim Al Muhajirin, H Romadhon S.  

Maulid Nabi Muhammad SAW
maulid nabi, nabi muhammad, al muhajirin, menyama braya, dalung permai

PENAMPILAN PERDANA: Hadrah bapak-bapak Al Muhajirin Dalung Permai (Hari Santoso/Radar Bali)

“Apresiasi ini sebagai motivasi biar anak-anak lebih bersemangat dalam belajar,” ungkap H Romadhon. Anak-anak santri TPQ Al Muhajirin juga tampak sangat antusias dalam memeriahkan acara Maulid Nabi ini.

Ada beberapa tarian dan lagu-lagu religi dipentaskan. Ada pula pementasan hafalan Asmaul Husna. Acara makin meriah dengan penampilan Qasidah Rebana Asy Syifa’ dari Ibu-ibu Al Muhajirin.

Tidak ketinggalan, grup hadrah Bapak-bapak Al Muhajirin. “Ini penampilan perdana kami,” kata Khoirul, salah satu personil hadrah Al Muhajirin.

Sebagai puncak acara, Hikmah Maulid Nabi disampaikan Ustadz Fajar Firdausi, S.Pd, CHT.

“Sesungguhnya pada diri Rasulullah SAW terdapat suri tauladan yang baik,” tutur Ustadz Fajar Firdausi, menyitir salah satu ayat Al Qur’an. (rba)

(rb/mus/mus/JPR)

 TOP