Rabu, 22 Jan 2020
radarbali
icon featured
Bali United

MENGEJUTKAN! Jelang Kontra Tampines, Teco Lengser Diganti Emral Abus

14 Januari 2020, 00: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

bali united, liga champion asia, tampines rovers, coach teco, emral abus, teco lengser

Coach Emral Abus saat tiba di Changi International Airport, Singapura, Minggu lalu. (Ewin Prasetyo/Bali United)

Share this      

DENPASAR - Kabar mengejutkan datang dari Bali United jelang kontra Tampines Rovers di babak 1 preliminary Liga Champions Asia (LCA) 2020, Selasa (14/1) hari ini.

Satu hari jelang duel di Stadion Jalan Besar, Singapura, manajemen mendadak "mencopot" Pelatih Stefano Teco Cugurra sebagai pelatih Bali United di LCA 2020.

Sebagai gantinya, manajemen menunjuk Emral Abus Bustaman sebagai Pelatih Kepala Bali United di LCA 2020. Sementara Coach Teco ditunjuk sebagai Asisten Pelatih di LCA 2020.

Hal ini cukup aneh mengingat Coach Teco memiliki lisensi kepelatihan CONMEBOL A Pro. Di AFC Cup 2018, dia juga mendampingi Persija Jakarta sebagai pelatih kepala. 

"Ya, untuk kompetisi Asian Champions League tahun ini, Coach Emral Abus akan menjabat sebagai pelatih kepala Bali United," ujar CEO Bali United Yabes Tanuri.

Menurut Yabes Tanuri, ada sedikit persoalan dari lisensi kepelatihan Coach Teco yang membuatnya secara administrasi tidak bisa didaftarkan sebagai pelatih kepala. 

"Jadi, kami putuskan untuk memasukkan dan mendaftarkan Coach Emral Abus sebagai pelatih kepala," ujar CEO Bali United Yabes Tanuri.

Yabes mengklaim Coach Emral Abus sudah bergabung dengan skuad Bali United di Singapura sejak hari Minggu lalu.

Yabes sendiri memastikan, meski menunjuk Coach Emral Abus sebagai pelatih Bali United di LCA 2020, secara teknis tim tetap sepenuhnya menjadi tanggung jawab Coach Teco. 

"Kami rasa secara teknis permainan tidak akan mengganggu persiapan yang sudah dilakukan Coach Teco selama ini," imbuhnya.

 Sebagai catatan, Emral Abus lebih dikenal sebagai instruktur pelatih. Dalam kariernya sebagai instruktur pelatih, Emral telah melahirkan banyak pelatih sepak bola ternama di Indonesia.

Sebut saja Djadjang Nurdjaman, Indra Sjafri, Aji Santoso, Nil Maizar, Jafri Sastra, dan pelatih ternama lainnya. Ia juga merupakan salah satu instruktur AFC di Indonesia.

Emral Abus juga sempat ditunjuk sebagai pelatih Persib Bandung pada pertengahan musim kompetisi tahun 2017 lalu.

Pada tahun 2015 lalu, ia juga menjabat sebagai pelatih kepala Persib saat berkiprah di Piala AFC 2015. 

(rb/lit/mus/JPR)

 TOP