Rabu, 22 Jan 2020
radarbali
icon featured
Radar Buleleng

Undiksha Kukuhkan Tiga Guru Besar, Begini Pesan Khusus Prof Jampel…

14 Januari 2020, 13: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

guru besar, pengukuhan guru besar, undiksha buleleng, prof jampel

GURU BESAR UNDIKSHA: Dari kiri Prof Ni made Ratminingsih, Prof Nyoman Jampel, Prof Ni Luh Putu Artini, Prof Ida Bagus Jelantik Swasta (Eka Prasetya/Radar Bali)

Share this      

SINGARAJA – Sebanyak tiga orang akademisi di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, dikukuhkan sebagai guru besar.

Ketiganya dikukuhkan oleh Rektor Undiksha Prof. I Nyoman Jampel, di Auditorium Undiksha, Senin (13/1) lalu.

Para guru besar ini juga langsung memberikan orasi ilmiah di hadapan senat serta mahasiswa di kampus tersebut.

Para guru besar itu adalah Prof. Ni Luh Putu Artini dan Prof. Ni Made Ratminingsih, guru besar di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Undiksha.

Serta Prof. Ida Bagus Jelantik Swasta, guru besar di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Undiksha.

Rektor Undiksha Prof. I Nyoman Jampel mengatakan, setelah dikukuhkan sebagai guru besar, ketiga profesor diharapkan bisa meningkatkan kualitas diri

yang mampu berkontribusi dalam pengembangan universitas. Sehingga universitas dapat berdaya saing, baik di tingkat nasional dan internasional.

Lebih lanjut Jampel mengatakan, sejak tahun 2018 lalu, Undiksha telah membentuk tim khusus yang bertugas membantu para dosen mempublikasikan artikel mereka di jurnal internasional.

Sehingga guru besar maupun lektor kepala terus lahir dari tahun ke tahun.

“Tim ini sudah kami tugaskan supaya bekerja secara intens dan sistematis. Sehingga teman-teman yang telah sampai pada posisi lektor kepala, bisa segera mengusulkan kenaikan jabatan akademiknya ke profesor,” kata Jampel.

Sementara itu salah seorang guru besar yangd ikukuhkan kemarin, Prof. Ni Luh Artini mengatakan, jabatan akademik itu berdampak pada tanggungjawab yang lebih besar.

“Saya harus bertanggungjawab menghasilkan karya-karya, terutama untuk menunjang pendidikan,” kata Artini.

Sekadar diketahui, hingga kini Undiksha tercatat telah memiliki 44 orang profesor. Baru-baru ini, tercatat ada tiga orang

guru besar yang memasuki masa purna bakti. Mereka adalah Prof. I Ketut Seken, Prof. I Wayan Sadia, dan Prof. I Nyoman Dantes.

(rb/eps/mus/JPR)

 TOP