Rabu, 22 Jan 2020
radarbali
icon featured
Dwipa

Fenomena Halo Matahari Sapa Krama Bali, Ternyata Ini Penyebabnya?

14 Januari 2020, 15: 22: 12 WIB | editor : ali mustofa

fenomena alam, halo matahari, sapa krama bali, termyata penyebabnya

Fenomena Halo Matahari yang muncul di langit Desa Batur Selasa siang (Instagram i.mantik)

Share this      

DENPASAR - Fenomena alam kembali menyapa warga Bali di awal tahun 2020. Kali ini muncul fenomena Halo Matahari di langit Bali.

Tepatnya, fenomena Halo Matahari itu terekam di langit Desa Adat Batur, Bangli, Selasa (14/1) jelang tengah siang. Tepatnya muncul sekitar pukul 11.55 Wita.

Fenomena alam matahari dikelilingi pelangi ini sendiri berhasil diabadikan akun @i.mantik dan direpost akun lain. Dalam sekejap, fenomena yang kerap muncul ini menjadi perhatian masyarakat Bali.

"Tanda kiamat," kata akun @ toko_mesari. Spontan komentar itu dikomentari netizen yang lain. "@toko_mesari jeneng ci kiamat," kata akun @ bayuuputrawan.

Fenomena Halo Matahari merupakan sebuah fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari. 

Apakah fenomena Halo ini hanya terjadi di sekitar matahari? Tidak. Fenomena Halo bisa juga terjadi di sekitar bulan ataupun lampu 

penerangan jalan dan kadang- kadang di permukaan Bumi sendiri. Fenomena Halo ini biasa terjadi di berbagai sumber cahaya.

Fenomena Halo Matahari terjadi karena beberapa proses. Salah satunya apabila ada kristal es yang berada di awan cirrus.

Apakah ada dampak dari munculnya fenomena ini? Dikutip dari berbagai literatur, sebenarnya tidak ada dampak khusus dari terjadinya fenomena ini selain efek keindahan.

Namun sebagian masyarakat Indonesia sering mengaitkan fenomena ini dengan bencana alam yang akan terjadi (khususnya gempa bumi) beberapa hari setelahnya. 

Hal ini karena beberapa kali menjelang gempa bumi besar yang menimpa beberapa wilayah di Indonesia, fenomena Halo Matahari ini terjadi

(rb/mus/mus/JPR)

 TOP