alexametrics
Kamis, 09 Apr 2020
radarbali
Home > Radar Jembrana
icon featured
Radar Jembrana

Peresmian Gedung Baru RSU Negara Jadi Tonggak Sejarah Jembrana

17 Februari 2020, 15: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

RSU Negara, gedung baru, layanan kesehatan, kesehatan paripurna, Pemkab Jembrana, peresmian RS baru,

SERBA BARU : Salah satu kondisi ruang operasi di RSU Negara (Humas Pemkab Jembrana for Radar Bali)

Share this      

NEGARA - Peresmian gedung baru Rumah Sakit Umum (RSU) Negara, merupakan tonggak bersejarah bagi Jembrana.

Pasalnya, meski masuk dalam deretan daerah dengan pendapatan asli daerah (PAD) kecil, dengan dana murni APBD Jembrana, mampu membuat bangunan rumah sakit megah dan fasilitas lengkap.

Selesainya bangunan rumah sakit ini, juga merupakan salah satu capaian terpenting bagi Bupati Jembrana I Putu Artha dan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan.

Sebab, dalam setahun terakhir, dalam 10 tahun mengabdi dan melayani masyarakat Jembrana, mampu membangun rumah sakit umum untuk masyarakat Jembrana yang lebih baik. Baik dari segi bangunan fisik, fasilitas, sarana, prasarana, dan pelayanannya.

Bupati Artha mengatakan, rumah sakit yang dibangun selama dua tahun atau multiyear ini, telah ditingkatkan fasilitas pelayanannya.

Sehingga, pola pelayanan kepada masyarakat harus semakin baik. Kami minta semua  pasien mendapat perlakuan yang sama dari para petugas di RSU Negara ini.

Tidak ada nanti pasien mendapat perlakuan diskriminatif. Lakukan dan layani semua pasien dan masyarakat sesuai standar yang ada. Sehingga, kehadiran para pasien, khususnya warga masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan akan merasa senang dan puas, pintanya.

Terkait dengan kebutuhan tenaga medis, Bupati mengaku,  kalau Pemerintah Kabupaten Jembrana telah mendisposisi para dokter umum untuk di sekolahkan menjadi dokter spesialis sesuai kebutuhan di RSU Negara. Saat ini kalau bidan dan perawat sudah memadai.

Namun,  kami juga mengakui kalau di RSU Negara ini masih kekurangan dokter spesialis.

Namun demikian, kami (Pemerintah Kabupaten Jembrana) telah menyekolahkan calon-calon dokter spesialis yang sesuai dengan kebutuhan disini (RSUN).

“Jika nanti mereka telah menyelesaikan sekolahnya tentu akan kita tugaskan di RSU Negara kembali,” tegasnya.

Melihat lebih dalam rumah sakit, selain gedung baru, juga sejumlah fasilitas baru. Memiliki enam gedung baru, untuk gedung poliklinik, Instalasi Gawat Darurat (IGD), Instalasi Bedah Sentral, ruang rawat inap, dan Ruang Rawat Inap Kelas I,II, III,  serta laboratorium.

Gedung baru ini, selain menambah fasilitas, juga motivasi bagi kami meningkatkan pelayanan kesehatan, sekaligus derajat kesehatan masyarakat Jembrana, kata Dirut RSU Negara dr I Gusti Bagus  Ketut Oka Parwata.

Berdiri di lahan seluas 3 hektare, fasilitasnya di gedung IBS,  sistem alur pasien sesuai standar nasional, sistem pintu otomatis, ruangan OK menggunakan sistem hepa filter guna mengurangi infeksi.

Di ruang IGD, kini juga lebih luas dengan bangunan berlantai tiga. Ruang IGD dilengkapi Ruang Triage, Kebidanan, Dekontaminasi, Isolasi, Ashma Bay, serta didukung ambulance yang siap siaga.

Keluhan sebelumnya  akan ketersediaan kamar rawat inap, diatasi dengan gedung baru rawat inap dan VIP. Kapasitasnya, memiliki 15 tempat tidur VVIP, serta 40 tempat tidur VIP. Sementara Ruang Irna I, II, dan III memiliki daya tampung 149 bed. (adv)

(rb/bas/pra/mus/JPR)

 TOP