alexametrics
Kamis, 09 Jul 2020
radarbali
Home > Politika
icon featured
Politika

AMD Lancarkan Serangan di Basis Jaya Negara

28 Juni 2020, 17: 45: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

Wabah Corona, Covid-19, AMD, Agung Manik Danendra, Anak Milenial Denpasar, Safari Sosial, Cawali Denpasar, IGN Jaya Negara, bantuan beras,

SAFARI SOSIAL : Agung Manik Danendra atau AMD (udeng putih) saat menyerahkan bantuan beras dan vitamin bagi masyarakat di Lingkungan Banjar Paang Tengah, Kelurahan Penatih, Denpasar Timur, Sabtu (27/6). (Zulfika Rahman)

Share this      

DENPASAR- Safari sosial yang digelar Anak Milenial Denpasar (AMD) terus berlanjut.

Komunitas kalangan muda yang dipimpin langsung tokoh Puri Tegal Denpasar Pemecutan, DR Anak Agung Ngurah Manik Danendra, SH,MH,M.Kn atau yang akrab disapa Agung Manik Danendra (AMD) kali ini berbagi dengan masyarakat di wilayah Penatih, Denpasar Timur, pada Sabtu (27/6).

Bantuan yang digelontorkan tersebut menyasar para pedagang yang terdampak covid-19 di wilayah banjar Paang Tengah, Kelurahan Penatih.

Agung Manik Danendra atau AMD (udeng putih)  saat menyerahkan bantuan beras dan vitamin kepada para pedagang di Lingkungan Banjar Paang Tengah, Kelurahan Penatih, Denpasar Timur, Sabtu (27/6).

Agung Manik Danendra atau AMD (udeng putih) saat menyerahkan bantuan beras dan vitamin kepada para pedagang di Lingkungan Banjar Paang Tengah, Kelurahan Penatih, Denpasar Timur, Sabtu (27/6). (Zulfika Rahman)

Tepatnya aksi berbagi 50 KK itu bertempat di kediaman tokoh masyarakat setempat yakni I Made Arta.

Proses pembagian 10 kilogram beras dan satu boks vitamin C tersebut dilangsungkan dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19, seperti penggunaan masker, dan menjaga jarak. Pembagian juga dilakukan secara bertahap untuk menghindari kerumunan.

AMD mengungkapkan, memilih wilayah Penatih sebagai sasaran berbagi dari safari sosial telah dilakukan juga di beberapa wilayah lain lantaran adanya informasi bahwa daerah tersebut cukup banyak yang terdampak covid-19, terutama kalangan pedagang atau pelaku UKM.

Terlebih kata dia, di wilayah itu ada beberapa warga yang reaktif bahkan ada yang diisolasi.

Atas saran dan masukan beberapa tokoh, pihaknya bersama kalangan muda langsung turun berbagi.

“Kami melihat di Penatih yang perlu kami berikan bantuan terutama bagi masyarakat yang terdampak covid-19. Kebetulan tokoh masyarakat di sini menyambut baik niat kami,” tuturnya ditemui usai menyerahkan bantuan.

Sebelumnya, AMD sudah menyalurkan beras dan vitamin di beberapa wilayah Denpasar.

Program ini kata dia sebenarnya digelar selama tiga hari sekali, namun karena adanya program sosial lainnya yang dijalankan tidak hanya dalam bentuk sembako, hingga elpiji kini safari sosial ini dibuat selama seminggu sekali.

“Kami mapping lokasi yang benar-benar membutuhkan. Ke depan kami akan menyasar wilayah di Denpasar Timur. Kami akan terus berbuat juga di tempat lain. Karena kita semua tahu, covid ini menyerang segala sendi kehidupan masyarakat, terutama sektor ekonomi yang menjadi tumpuan hidup masyarakat,” jelas pria yang berprofesi sebagai notaris ini.

Disinggung apakah kegiatan sosial yang dilakukan selama ini untuk mendulang simpati masyarakat dalam menaikan elektabilitas dirinya lantaran menjadi salah satu kandidat bakal calon Wali Kota Denpasar 2020 dari Golkar?, Aktivis publik ini membantah hal tersebut.

Selama ini, kata AMD, jauh sebelum adanya covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia dan Bali, AMD mengungkapkan telah lama berkecimpung dalam aksi-aksi sosial.

Mulai dari kerap membantu masyarakat, terlibat dalam gerakan anti narkoba hingga aksi sosial keagamaan dengan membangun beberapa Pura di daerah lain di luar Bali.

“Sepanjang ini kami hanya ingin membantu masyarakat, untuk bisa paling tidak peduli, berbagi kepedulian terhadap masyarakat. Karena kan tahu sendiri meski tidak ada covid-19 pun, atau sebelum pilkada pun sudah melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Kebetulan momen ini saya adalah kandidat dari Golkar yang diusung dari koalisi, kita kembalikan lagi kepada masyarakat karena jiwa kita itu sudah seperti itu,” ungkapnya.

Seperti diketahui, wilayah yang kali ini ia sambangi di Penatih merupakan basis suara dari I Gusti Ngurah Jaya Negara yang merupakan politisi PDIP yang kini menjabat sebagai Wakil Walikota Denpasar.

Jaya Negara sendiri merupakan bakal calon yang maju dalam perhelatan Pilkada Kota Denpasar tahun 2020 ini.

Hal itu tidak diambil pusing oleh AMD, karena kata dia apa yang ia lakukan murni gerakan kepedulian terhadap sesama untuk saling membantu di tengah bencana covid-19 ini. 

Namun sejumlah tokoh justru mendukung pencalonan dirinya sebagai calon Walikota Denpasar.

Hal ini tidak terlepas dari track record AMD di lingkup masyarakat Denpasar yang dianggap mampu mengayomi masyarakat. Hal itu terlontar dari salah satu tokoh di banjar Paang Tengah sendiri yakni I Made Arta.

Yang saat ini menjadi perhatian adalah bagaimana ada sumbangsih nyata untuk masyarakat di tengah covid-19. Ia pun sangat mengapresiasi aksi kepedulian AMD selama ini yang sangat bermanfaat bagi masyarakat kecil.

“Itu yang kami terima dengan bagus. Soal tokoh nanti apakah ada yang seperti beliau atau tidak tetapi nanti untuk ke depan tergantung bagaimana sinergi ke depannya. Kualitas beliau sebagai tokoh, perdulinya beliau kepada masyarakat itu yang kami lihat,” terang Arta.

Senada dengan tokoh kota Denpasar lainnya yakni Made Sadiana. Mantan Kepala Bidang Hukum Kanwil Kemenhumkam Bali itu menandaskan bahwa AMD memiliki kiprah yang baik.

Dengan keinginan maju sebagai Denpasar 1, AMD kata dia memiliki cukup pengalaman dan pengetahuan di berbagai bidang khususnya ilmu tata pemerintahan hingga hukum.

Dengan bekal yang cukup itu, ia yakin Denpasar akan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Terlebih sebagian masyarakat kota Denpasar sangat menginginkan perubahan.

“Salah satu yang menjadi catatan dari berbagai keadaan lainnya adalah soal penataan kali bersih. Realitanya apakah sudah bersih, kami melihat masih ada sejumlah permasalahan seperti sampah, dan juga limbah.

Denpasar perlu sosok pemimpin sekaliber AMD untuk perubahan Denpasar lebih maju,” ujarnya mantap.(arb)

(rb/zul/pra/JPR)

 TOP