alexametrics
Rabu, 23 Sep 2020
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa

Pemerintah Imbau Warga Lakukan Protokol Kesehatan Ketat Saat Galungan

14 September 2020, 23: 15: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

Covid-19, Corona, Protokol kesehatan, Wabup Buleleng, dr Nyoman Sutidra, Hari Raya Galungan, sembahyang, Pura,

Wakil Bupati Buleleng dr Nyoman Sutjidra (Dok Radar Bali)

Share this      

SINGARAJA-Pemerintah mengingatkan agar masyarakat/warga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat melaksanakan ibadah hari raya Galungan.

Pasalnya, saat hari raya tersebut, umat Hindu akan berbondong-bondong datang ke pura. Umat pun dihimbau menjalankan protokol kesehatan, guna mencegah potensi penularan covid di rumah ibadah.

“Pengempon harus menyiapkan tempat cuci tangan. Umat juga harus mengenakan masker, tetap menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Ini juga sudah sesuai dengan arahan dari Parisadha dan Majelis Desa Adat,” ujar Wakil Bupati Buleleng dr Nyoman Sutjidra, saat diwawancarai pada Senin pagi (14/9).

Kata Sutjidra, pelaksanaan protokol kesehatan di tempat ibadah, tak akan mengurangi kekhusukan proses ibadah. Penerapan protokol bahkan disebut sebagai sebuah yadnya dari umat, karena telah berpartisipasi aktif dalam langkah pencegahan.

“Kami sudah koordinasikan dengan Parisadha dan majelis adat. Karena saat Galungan itu pasti banyak yang sembahyang ke Pura Kahyangan Tiga. Kami harap sebelum dan sesudah persembahyangan, pengempon melakukan proses penyemprotan disinfektan. Ini penting untuk langkah pencegahan,” tukas Sutjidra.

Untuk diketahui, saat ini secara kumulatif kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Buleleng mencapai 729 kasus. Dari 729 kasus itu, sebanyak 626 orang telah dinyatakan sembuh dan 20 orang lainnya meninggal dunia. Kini ada 82 orang yang masih menjalani perawatan di Buleleng dan seorang lainnya dirawat di RS Jiwa Bangli.

Dari 82 orang yang dirawat di Buleleng, sebanyak 20 orang dirawat di RSUD Buleleng, 17 orang dirawat di RS swasta, dan 45 orang lainnya diizinkan menjalani isolasi mandiri. 

(rb/eps/pra/JPR)

 TOP