alexametrics
Rabu, 23 Sep 2020
radarbali
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Berdalih Cari Modal Jualan Sosis Keliling, 2 ABG Nekat Curi Tas Cewek

14 September 2020, 22: 15: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

pencurian, curi tas, dua abg, jualan sosis keliling, Polsekta Singaraja, dua ABG ditangkap, Polres Buleleng,

TANGAN DIBORGOL: Maulana Syarifudin, satu dari dua tersangka kasus pencurian saat diamankan di Mapolsekta Singaraja, Senin (14/9) (Juliadi)

Share this      

SINGARAJA-Berdalih mencari modal usaha untuk jualan sosis keliling di kampung, dua anak baru gede (ABG) di Singaraja, Buleleng, Bali nekat mencuri.

Akibatnya, dua ABG yakni masing-masing Maulana Syarifudin, 24, dan ML, 16 terpaksa harus ditangkap dan meringkuk di hotel prodeo.

Kapolsek Kota Singaraja Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, Senin (14/9) menjelaskan, kronologi penangkapan kedua tersangka, berawal dari adanya laporan korban Luh Putu Ardi Pavitri warga asal Banjar Dinas Belah Batu Desa Keramasan, Gianyar.

Sesuai laporan, korban mengaku kehilangan tas berwarna merah di parkiran toko Popies, Jalan Surapati, Kampung Baru Buleleng.

Sebelum hilang dicuri, korban mengaku menggantungkan tas yang didalamnya berisi dompet, uang, dua buah hardisk, dan perlengkapan bayi di sepeda motor miliknya.

Akibat pencurian itu, korban mengalami kerugian Rp 3, 6 juta.

“Selain korban Ardi Prativi, kami juga menerima keluhan warga melalui media social terkait maraknya kasus kehilangan tas dan helm di seputaran toko di Jalan Surapati kerap kali,”jelas Ngurah Yudistira.

Atas laporan saksi korban dan keluhan warga, polisi kemudian  melakukan penyelidikan.

Hasilnya, polisi berhasil menangkap kedua pelaku di rumahnya.

Usai ditangkap, dari hasil interograsi, kedua tersangka berdalih nekat mencuri selain untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Juga sebagai tambahan modal usaha berjualan sosis keliling kampung.

Sedangkan modus kedua pelaku, yakni dengan melihat tas atau barang-barang warga yang ditaruh pada sepeda motor.

“Kalau ada tas dan barang korban (Warga, red) yang tertinggal di motor. Baru kedua beraksi mengambil barang-barang tersebut. Jadi dua pelaku beraksi dengan mengendarai motor Yamaha Mio DK 6336 VW. Mereka pura-pura parkir motor dulu mendekati sasaran barang korban. Baru selanjutnya dicuri,” ungkapnya

Lebih lanjut, Kompol Yudistira menambahkan, selain di Jalan Surapati, kedua pelaku juga mengaku telah berulang kali melakukan aksi pencurian lokasi berbeda. Seperti di Kelurahan Banyuning, seputaran Jalan A. Yani, Kampung Baru, sejumlah tempat lain.

“Jadi mereka bukan kali pertama. Bahkan selain tas dan helm, para pelaku ini juga mengakui pernah mencuri tabung gas elpiji, HP, pakaian, dan barang berharga lainnya.

Kini atas perbuatannya, tersangka Maulana langsung dilakukan penahanan. Sedangkan pelaku ML yang masih berusia dibawah umur ditangani oleh Unit PPA Reskrim Polres Buleleng untuk dilakukan pembinaan.

 “Agar tidak mengulangi perbuatannya, kami sangkakan pelaku dengan Pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHP dengan ancaman hukuman pidana paling lama 7 tahun,” pungkasnya.

(rb/jul/pra/JPR)

 TOP