alexametrics
Rabu, 23 Sep 2020
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa

Update Covid-19 Karangasem 15 September, Positif 6, Sembuh 7

16 September 2020, 11: 19: 24 WIB | editor : ali mustofa

Penyemprotan pura dengan desinfektan sebelum Hari Raya Galungan

Penyemprotan pura dengan desinfektan sebelum Hari Raya Galungan (IST)

Share this      

AMLAPURA - Warga Kabupaten Karangasem terpapar virus korona sampai saat ini masih terus terjadi. Kemarin, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Karangasem mencatat ada sebanyak enam orang warga Karangasem yang terpapar virus tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama mengungkapkan, enam warga Karangasem yang terpapar virus korona itu tersebar satu orang di Kecamatan Selat, tiga orang di Kecamatan Karangasem, satu orang di Kecamatan Kubu dan satu orang di Kecamatan Abang. Dengan penambahan tersebut, maka total jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Karangasem menjadi 686 orang. “Dari jumlah tersebut, 663 orang merupakan kasus transmisi lokal,” ungkapnya.

Sementara warga Karangasem yang telah dinyatakan sembuh dari virus korona mencapai tujuh orang. Di mana satu orang berasal dari Kecamatan Karangasem, satu orang dari Kecamatan Rendang, satu orang dari Kecamatan Abang, satu orang Kecamatan Manggis, satu orang dari Kecamatan Selat, satu orang dari Kecamatan Bebandem dan satu orang dari Kecamatan Kubu.

“Sehingga total jumlah warga Karangasem yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 497 orang. Sedangkan yang masih dirawat sebanyak 174 orang. Sementara kasus terkonfirmasi yang meninggal dunia sebanyak 15 orang,” bebernya.

Melihat hingga saat ini masih ada warga Karangasem yang terpapar virus korona, pihaknya mewanti-wanti masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari melakukan jaga jarak diri, menggunakan masker dengan benar, rajin mencuci tangan dan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat. 

Sementara itu, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona berkaitan dengan persembahyangan hari raya Galungan hari ini, para pecalang, pemuda dan prajuru Desa Adat Geriana Kangin melakukan penyemprotan desinfektan. Penyemprotan desinfektan dilakukan di seluruh pura yang ada di lingkungan Desa Adat Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem. 

“Ini dilakukan sebagai upaya pencegahan. Mengingat setiap Galungan, masyarakat kami melakukan persembahyangan di pura-pura yang ada,” terang Penyarikan Desa Adat Geriana Kangin, Jro Mangku Diatmika. 

(rb/ayu/yor/mus/JPR)

 TOP