alexametrics
Kamis, 03 Dec 2020
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa

Sempat Sembuh, Hasil PCR Komisioner KPU Jembrana Positif Covid-19 Lagi

28 Oktober 2020, 22: 15: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

covid-19, komisioner KPU Jembrana, positif Covid-19, uji swab, PCR, Satgas Penanganan Covid-19, Pemkab Jembrana,

Suasana pengambilan swab terhadap komisioner dan staf KPU Jembrana pada Senin (26/10) lalu (M.Basir)

Share this      

NEGARA-Meski sudah dinyatakan sembuh, salah satu komisioner KPU Jembrana yang sempat terkonfirmasi positif Covid-19, kembali dinyatakan positif dari hasil uji swab/PCR.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 I Gusti Agung Putu Arisantha mengatakan, hasil swab seluruh komisioner dan staf KPU Jembrana, pada Senin (26/10) lalu sementara masih belum seluruhnya keluar.

Disebutkan, dari total 37 orang yang menjalani pengambilan swab, baru ada 33 hasil swab yang keluar.  Sementara dua orang dari KPU Jembrana hasil pemeriksaan swab dengan metode PCR terkonfirmasi positif.

 “Sebagian lagi masih belum keluar hasilnya,” ujarnya, Rabu (28/10).

Terkait hasil swab positif terhadap salah satu komisioner KPU Jembrana, Arisantha menyatakan jika hal itu bukan karena adanya infeksi baru.

Melainkan, kata dia, fragmen atau bagian virus yang sudah mati masih bisa terdeteksi sehingga hasil laboratorium masih menujukkan hasil positif. “Akan tetapi, bagian virus yang sudah mati tersebut sudah tidak aktif dan tidak akan menular,”jelasnya.

Dijelaskan, salah satu komisioner KPU Jembrana tersebut terkonfirmasi positif pada awal bulan September lalu, dan sudah dinyatakan sembuh.

Hanya saja, hasil uji swab dengan metode PCR masih mendeteksi bagian virus yang telah mati yang berada dalam tubuh.

“Hasil lab PCR masih positif yang bisa disebabkan terdeteksinya bagian virus yang telah mati. Tidak akan menular lagi,” ungkapnya.

Karena sudah tidak infeksius dan yang bersangkutan sudah dinyatakan sembuh, meskipun hasil swab positif tidak akan dilakukan isolasi.

Namun demikian, protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19 harus tetap dijalankan dengan disiplin. Tidak hanya pada komisioner KPU Jembrana, tetapi semua masyarakat untuk tetap menjalakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus.

Sedangkan satu orang lagi yang terkonfirmasi positif dari pengambilan swab jajaran KPU Jembrana, merupakan seorang staf di KPU Jembrana.

Saat ini, terkait hasil swab staf KPU Jembrana, Dinas kesehatan masih melakukan contact tracing untuk memastikan awal penularan dan melacak kontaknya.

Sementara staf KPU yang positif akan ditindaklanjuti dengan penanganan pasien covid-19 berupa isolasi di fasyankes. “Satu orang dari KPU Jembrana positif covid-19 yang baru terkonirmasi,” ujarnya.

(rb/bas/pra/JPR)

 TOP