alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarbali
Home > Hiburan & Budaya
icon featured
Hiburan & Budaya

Terinspirasi Iwan Fals, Andik Jajal Peluang Solo Karir

07 November 2020, 10: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

band kosong satu, komang andi wirawan, penyanyi andik, solo karir

Musisi Buleleng Komang Andi Wirawan (Eka Prasetya/Radar Bali)

Share this      

SINGARAJA – Musisi asal Buleleng, Komang Andi Wirawan kini menjajal peluang bersolo karir. Selama ini musisi yang akrab disapa Andik itu lekat dengan band Kosong Satu.

Mengingat ia juga menjadi vokalis pada band tersebut. Andik memilih menjajal peluang solo karir, setelah banyak melakukan perenungan pada masa pandemi.

Selama masa-masa tersebut ia banyak melakukan proses kontemplasi. Sehingga muncul beberapa karya. Total ada 10 lagu yang berhasil ia tulis.

Seluruh lagu ditulis dengan nafas pop balada yang didominasi alunan gitar akustik. Berbeda dengan lagu yang sering ia bawakan bersama Kosong Satu band, yang berirama pop alternatif.

Lagu-lagu yang ditulis Andik selama masa pandemi, diakui banyak berkiblat pada sosok Iwan Fals. Apalagi Andik sangat mengidolakan sosok Iwan Fals.

Lagu yang dibawakan, juga banyak bertema tentang kritik dan pesan sosial. Ada pula lagu yang bertema tentang cinta dan kesetiaan.

Single bertajuk Astungkara misalnya. Lagu ini membawakan pesan agar manusia selalu bersyukur dan menjaga kedamaian.

Lagu ini terinspirasi setelah ia melihat kondisi Bali kekinian. Ia berpendapat tradisi dan budaya Bali perlahan memudar.

Prinsip kebersamaan dan gotong royong juga perlahan ditinggalkan. Adapula lagu berjudul Alaki Rabi. Lagu ini berkisah tentang kesetiaan pasangan suami istri dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

“Ini idealisme saya dalam bermusik. Jadi lagu-lagu yang saya tulis, tidak melulu tentang kritik dan sikap terhadap lingkungan.

Ada pula beberapa hal yang membuat saya terinspirasi, dan saya tuangkan menjadi sebuah karya. Termasuk tema tentang cinta itu,” kata Andik.

Dalam proses penggarapan karya, pria kelahiran 10 Mei 1980 silam ini banyak dibantu oleh musisi-musisi di Buleleng.

Termasuk rekan-rekannya di band Kosong Satu. “Beberapa lagu sudah selesai proses perekaman dan mixing,” imbuhnya.

Rencananya lagu-lagu yang ia tulis akan dirangkum dalam sebuah album bertajuk Celoteh. “Seperti namanya celoteh, album ini adalah curahan hati saya secara jujur,

bercerita tentang apa saja yang terlihat,” kata Andik. Ia berharap album itu tuntas dan dapat dirilis pada akhir tahun nanti. 

(rb/eps/mus/JPR)

 TOP