alexametrics
Selasa, 24 Nov 2020
radarbali
Home > Politika
icon featured
Politika

Dihantui Golput Pilkada, KPU Karangasem Gelar Festival

18 November 2020, 15: 17: 12 WIB | editor : ali mustofa

Komisioner KPU Karangasem, Putu Deasy Natalia

Komisioner KPU Karangasem, Putu Deasy Natalia (KPU Karangasem)

Share this      

AMLAPURA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi serta kesadaran pemilih untuk menggunakan haknya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem Tahun 2020. Salah satunya dengan menggelar Festival Demokrasi Karangasem (Fesdaka) bekerja sama dengan relawan Demokrasi. 

Komisioner Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Kabupaten Karangasem, Putu Deasy Natalia, Selasa (17/11) mengungkapkan menjadi tantangan tersendiri bagi Karangasem menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tengah pandemi Covid-19. Terutamanya dalam mengajak generasi muda atau milenial untuk berpartisipasi dalam mensukseskan Pilkada Karangasem 2020. 

“Kami terus berupaya melakukan sosialisasi guna meningkatkan partisipasi serta kesadaran pemilih untuk menggunakan haknya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem Tahun 2020,” ujarnya.

Adapun salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggelar Festival Demokrasi Karangasem. Mengusung tema “Aktif, Produktif dan Kreatif Menyambut Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem di Masa Pandemi Covid-19”, festival itu telah dimulai mulai kemarin hingga Rabu (9/12). 

Berbagai kegiatan digelar dalam festival tersebut, mulai dari perlombaan, kegiatan sosial baik secara daring maupun tatap muka, serta juga bincang santai seputaran demokrasi. 

Untuk lomba sendiri, ada empat jenis yakni lomba cipta video ajakan datang ke TPS, cipta poster, cover jingle, serta lomba foto selfie di TPS dengan memperebutkan berbagai hadiah menarik dari KPU. 

“Jadi kami kemas sedemikian rupa sebagai inovasi kami dalam melakukan sosialisasi,” katanya.

Dalam acara pembukaan Festival Demokrasi Karangasem kemarin, menurutnya digelar secara daring yang dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih kepada siswa siswi sejumlah sekolah SMA maupun SMK. 

“Lewat kegiatan ini kami berharap dapat lebih mensosialisasikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem. Serta dapat mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya sehingga target partisipasi terpenuhi,” imbuh Ketua KPU Karangasem, Ngurah Gede Maharjana.

(rb/ayu/yor/mus/JPR)

 TOP