alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarbali
Home > Sportainment
icon featured
Sportainment

Cabor di Tabanan Tetap Berlatih dengan Ikuti Prokes Covid-19

30 November 2020, 20: 38: 47 WIB | editor : ali mustofa

Sejumlah atlet cabor basket tetap berlatih. Mereka mengikuti protokol kesehatan, yakni menjaga jarak saat latihan. Sebelum dan setelah latihan tetap memakai masker, serta mencuci tangan.

Sejumlah atlet cabor basket tetap berlatih. Mereka mengikuti protokol kesehatan, yakni menjaga jarak saat latihan. Sebelum dan setelah latihan tetap memakai masker, serta mencuci tangan. (IST)

Share this      

TABANAN - Wabah Covid-19 tak menyurutkan sejumlah atlet dari berbagai cabang olah raga di Tabanan dalam berlatih. Setelah memasuki adaptasi kebiasaan baru, sejumlah cabor sudah mulai berlatih dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Hampir sebagian besar cabor anggota KONI Tabanan sudah mulai berlatih," kata Sekretaris KONI Tabanan Made Nurbawa, Senin (30/11).

Khususnya lagi, lanjut dia, cabor yang berbasis perorangan semuanya sudah berlatih normal. Apalagi, cabor yang berbasis perorangan lebih mudah dalam menerapkan protokol kesehatan, khususnya jaga jarak minimal 1-2 meter.

"Lebih banyak cabor yang individual, sedangkan yang beregu sebagian besar masih tiarap," aku dia.

Meski demikian, beberapa cabor yang berbasis beregu sudah ada yang mulai berlatih, namun mereka secara individual melakukan latihan secara fisik. Sedangkan untuk latihan yang langsung beregu, dan dapat menimbulkan kontak fisik, dilakukan manajemen khusus dalam latihan agar tidak sampai terdapat kontak fisik.

"Contohnya basket, ada manajemen khusus dalam latihan yang secara teknis tidak bersentuhan. Namun melatih skill individu," jelas dia.

Dek Nur, demikian dia akrab disapa, mengatakan untuk Proprov Bali ke-15 di Badung memang baru akan digelar tahun 2022. Namun, kata dia, karena adanya Covid-19, banyak even olah raga yang digelar cabor tidak bisa terlaksana pada tahun 2020. 

Padahal, even-even itu biasanya dipakai untuk menjaring atlet dalam multieven olah raga antardaerah. Untuk itu, KONI Tabanan menegaskan, meski tanpa even, atlet tetap berlatih di masa pandemi ini. Terlebih lagi latihan yang menitikberatkan pada sport science, yakni untuk mendapatkan daya tahan tubuh.

"Latihan ini juga investasi, yang tidak didapat dalam waktu singkat. Ini proses panjang," paparnya.

Dia berharap, di tahun 2021, bisa digelar even-even yang digelar cabor, juga Porkab (pekan olah raga kabupaten) Tabanan pada pertengahan tahun. Dari even-even itu diharapkan bisa menjadi ajang seleksi atlet Tabanan yang akan bertarung dalam Porprov 2022. Itu dengan asumsi pertengahan tahun Covid-19 sudah mereda dengan adanya vaksinasi. Sedangkan penetapan atlet yang akan berlaga dalam Porprov 2022 sudah harus diputuskan Agustus 2021.

(rb/yor/mus/JPR)

 TOP