alexametrics
Sabtu, 16 Jan 2021
radarbali
Home > Radar Jembrana
icon featured
Radar Jembrana

Ipat Manfaatkan Teknologi untuk Maksimalkan Program

01 Desember 2020, 18: 15: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

inovasi, Jembrana kreatif, I gede Winasa, kabupaten inovatif, Ipat, cabup Jembrana, Ipat, Patriana Krisna,

calon wakil bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna saat uji coba drone (Istimewa)

Share this      

NEGARA– Kabupaten Jembrana pernah menjadi kabupaten yang dikenal dengan inovasi programnya.

Tidak sedikit program inovatif yang ditiru kabupaten lain, bahkan pemerintah pusat.

Tetapi Kabupaten Jembrana sebagai kabupaten inovatif tersebut cerita lama, pada masa I Gede Winasa sebagai Bupati Jembrana dua periode.

Inovasi program pada masa bupati dengan gelar profesor tersebut tidak hanya satu sektor, tetapi berbagai sektor.

Sebut saja salah satunya mengenai teknologi informasi, sudah diluncurkan program J-net. Bidang kesehatan Jaminan kesehatan Jembrana (JKJ), dimana masyarakat Jembrana bisa mendapat pelayanan kesehatan gratis. Bidang pendidikan sekolah gratis dan banyak lagi program yang mendapat perhatian dan ditiru daerah lain.

Inovasi-inovasi program seperti yang pernah membuat Jembrana dikenal luas seluruh Indonesia itu bisa dilakukan lagi, bahkan melebihi inovasi program yang pernah dilakukan I Gede Winasa.

Hal tersebut diungkapkan I Gede Ngurah Patriana Krisna, putra sulung I Gede Winasa yang saat ini menjadi calon wakil bupati Jembrana berpasangan dengan calon bupati I Nengah Tamba.

Menurut Ipat, panggilan akrab I Gede Ngurah Patriana Krisna, sala satu yang menjadi program prioritas dalam menjalankan pemerintahan jika terpilih memimpin Jembrana bersama I Nengah Tamba adalah pemanfaatan teknologi informasi untuk melayani masyarakat. Berbagai sektor, mulai pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan pertanian, akan didukung dengan teknologi.

Beberapa waktu lalu, Ipat melakukan uji coba drone yang bisa dimanfaatkan untuk pengiriman barang lintas kabupaten di Bali.

Misalnya pengiriman darah bagi warga Jembrana yang menjalani perawatan di RSUP Sanglah dan membutuhkan transfusi darah secepatnya, maka bisa menggunakan drone. Bahkan drone yang dilengkapi kamera super canggih itu bisa dimanfaatkan untuk memantau wilayah Jembrana.

Selain itu, Ipat sudah melakukan uji coba alat yang dirakit sendiri untuk keperluan di perairan. Sementara alat rakitan yang masih dalam bentuk prototipe tersebut sudah bisa diuji coba dengan papan seluncur sehingga bisa membantu untuk surfing meski tidak ada ombak besar.

“Aplikasinya bisa untuk apa saja, untuk manusia juga bisa,” terangnya.

Sebagian besar program yang direncanakan untuk pencapaian visi misi dibuatkan sistem informasinya sehingga mudah dalam monitoring dan pencapaian targetnya. Termasuk dalam menghitung indeks kebahagian dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDG's).

"Teknologi informasi untuk pemuktahiran semua data disegala bidang sehingga bisa memaksimalkan program kebijakan pemerintah.

Disamping itu,  inovasi program pemerintah untuk mempermudah pelayanan pada masyarakat dan mempermudah pimpinan melakukan monitoring dan pengambilan keputusan" tandasnya. 

(rb/bas/pra/JPR)

 TOP