alexametrics
Kamis, 28 Jan 2021
radarbali
Home > Metro Denpasar
icon featured
Metro Denpasar

Heroik, Pemancing Selamatkan Penyu Terjebak di Sampah Pantai Kuta

14 Januari 2021, 16: 39: 18 WIB | editor : ali mustofa

Pemancing menolong penyu yang terjebak di tumpukan sampah. 

Pemancing menolong penyu yang terjebak di tumpukan sampah.  (Foto screen shoot video)

Share this      

KUTA - Sebuah video penyelematan penyu yang terjebak jaring di tumpukan sampah tengah viral di media sosial. Aksi heroik para pemancing itu terekam dalam video berdurasi 2 menit 44 detik.

Di dalam video itu menunjukkan seekor penyu dewasa tengah diselamatkan oleh pemancing dari tumpukan sampah yang mengambang di laut. 

Dari keterangan pengunggah video bernama Dwi Payana, kejadian itu terjadi di laut Bali. Tepatnya sekitar 5 kilometer dari lepas Pantai Kuta, Badung. Pria bernama lengkap I Kadek Dwi Payana itu menceritakan jika dirinya lah yang merekam langsung kejadian itu. Peristiwa itu terjadi pada 6 Januari lalu.

"Saat itu saya antar tamu untuk mancing," terangnya, Kamis (14/1).

Saat perahu sudah berada sekitar 5 km dari bibir pantai Kuta, mereka melihat adanya tumpukan sampah. Awalnya mereka mau menghindarkan perahu mereka dari tumpukan sampah yang mengambang itu.

Namun mereka dibuat penasaran dengan adanya sesosok hewan yang tengah bergerak-gerak di antara tumpukan sampah itu. Setelah dicek, ternyata itu adalah seekor penyu yang diperkirakan berusia dewasa. 

Karena kasihan, mereka lalu mencoba menyelamatkan penyu itu. Ternyata penyu malang itu terjebak di potonga  jaring yang juga berada di antar tumpukan sampah itu. Setelah jaring itu diputus menggunakan pisau dan penyu itu disingkirkan dari tumpukan sampah, akhirnya penyu itu berhasil bebas.

"Semoga dengan kejadian itu tidak ada lagi yang buang sampah ke laut," tandasnya.

(rb/mar/yor/mus/JPR)

 TOP