Rabu, 26 Jan 2022
Radar Bali
Home / Dwipa
icon featured
Dwipa

Wapres Sebut Hotel Penuh, PHRI Gianyar: Itu Mungkin di Nusa Dua!

07 Desember 2021, 03: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

Wapres Sebut Hotel Penuh, PHRI Gianyar: Itu Mungkin di Nusa Dua!

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin didampingi gubernur Bali Wayan Koster di Gianyar. (Istimewa)

Share this      

GIANYAR– Penggalan video pernyataan Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin yang berkunjung ke Gianyar pada Minggu (5/12) lalu tersebar di media sosial. Saat didampingi Gubernur Bali Wayan Koster dan Bupati Gianyar Made Mahayastra, Wapres menyebut jika hunian hotel di Bali penuh.

Terkait pernyataan Wapres, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gianyar, Pande Mahayana Adityawarman mengaku tidak tahu soal data. “Statemen yang kemarin (penggalan kalimat beredar di media sosial, Red) kami kurang tahu. Datanya dari mana apakah valid?,” ujar pria yang akrab disapa Pande Adit, Senin (6/12).

Pande memperkirakan, pernyataan hunian hotel penuh tersebut bisa saja mengacu pada situasi pada hunian hotel yang berada di Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. “Kalau di Gianyar jauh dari kata ramai. Kondisi di Gianyar kurang sesuai,” ujarnya.

Baca juga: Terjebak Banjir, Lima Orang dan Satu Balita di Kuta Nyaris Tenggelam

Pande juga menilai, ITDC ramai karena sejumlah kegiatan berlangsung di kawasan “elit” tersebut. “Mungkin yang dimaksud bintang lima di ITDC. Di sana kan ada event Bulutangkis, acara Kementerian-kementerian. Kemudian ada Kadin (Kamar Dagang Industri) seluruh Indonesia. Jelas awal Desember ramai,” terangnya.

Dengan banyaknya tamu di Nusa Dia, kata dia, Gianyar hanya kecipratan restorannya. “Gianyar kecipratan makan siang. Untuk restoran tidak semua juga,” ujarnya.

Untuk situasi pariwisata di Gianyar, Pande mengaku sudah menurun sejak dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. Pada akhir tahun 2021, pihaknya sedikit bimbang dengan kebijakan PPKM Level III yang diterapkan pemerintah. “Ini harapan kami tambah jauh,” jelasnya.

Pande mengaku, semestinya di akhir tahun pariwisata menggeliat. “Ibarat menanam, akhir tahun sebetulnya panen. Tapi kami tetap berusaha,” ujarnya.

Kalangan wisata kini mengandalkan tamu domestik untuk menginap dan makan di Gianyar. “Seperti tahun lalu lumayan, sangat prospek di akhir tahun. Apalagi kami beri harga menarik, karena harga berpengaruh di zaman seperti ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Wapres Ma’ruf Amin berkunjung ke Gianyar pada Minggu (6/12). Wapres didampingi Gubernur dan Bupati berkunjung ke Pasar Seni Guwang di Desa Guwng, Kecamatan Sukawati.

Disela kunjungan ke Gianyar, dihadapan media Wapres menyatakan jika laporan pak Gubernur, hotel-hotel penuh. “Sudah penuh. Bahkan hotel berbintang lima sudah penuh,” ujar Wapres dalam penggalan video yang tersebar di media sosial.

(rb/dra/don/yor/JPR)


 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia