Kamis, 02 Dec 2021
Radar Bali
Home / Dwipa
icon featured
Dwipa

Lagi, Lahan Kering Terbakar

13 Oktober 2021, 08: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

Lagi, Lahan Kering Terbakar

Satu hektare lahan kering yang terbakar di wilayah Banjar Dinas Bunutan, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Selasa (12/10). (Istimewa)

Share this      

AMLAPURA- Lahan kering di Banjar Dinas Bunutan, Desa Bunutan, Kecamatan Abang terbakar pada Selasa (12/10) siang kemarin. Cuaca terik yang terjadi sejak beberapa hari terakhir diduga menjadi penyebab kebakaran.

Kadis Damkar Karangasem I Nyoman Siki Ngurah menuturkan, kebakaran lahan kering tersebut terjadi sekitar pukul 12.00. Namun pihaknya baru menerima laporan sekitar pukul 12.33. Usai menerima laporan, sejumlah personel diterjunkan menggunakan mobil pemadam kebakaran untuk melakukan pemadaman agar tidak meluas. “Lahan yang terbakar adalah lahan kering. Luasnya sekitar satu hektare,” ujarnya.

Lokasi kebakaran sendiri terjadi persis di depan Restaurant Beten Waru dan Villa Acary. Karena kondisi kering ditambah tiupan angin yang cukup kencang, membuat api dengan cepat menjalar. “Memang cukup terik. Mungkin karena panas itu menyebabkan lahan kering terbakar,” ucapnya.

Baca juga: Nama Wabup Klungkung pun Dicatut Penipu Mobil Lelang

Siki Ngurah mengungkapman, dalam penanganan pihaknya menerjunkan 13 orang personel dibantu warga setempat. Pemadaman diakui sempat kewalahan mengingat titik api tersebar cukup luas. “Air yang digunakan sebanyak 10 ribu liter. Untuk penyebab pasti kebakaran belum diketahui,” kata Ngurah.

Diakui, selama musim kemarau, kebakaran lahan acap terjadi. Terutama daerah-daerah pesisir seperti Kecamatan Abang dan Kubu. Sebelumnya pihaknya juga menangani kebakaran lahan yang ada di Banjar Dinas Baturinggit Kaje, Desa Baturinggit Kecamatan Kubu. Luas lahan yang terbakar mencapai 17 hektare.

“Cukup sering ada kebakaran lahan. Untuk itu kami juga mengimbau kepada warga untuk tidak membakar sesuatu yang bisa menyebabkan kebakaran terlebih saat kemarau ini. Sedikit saja ada percikan api, akan cepat menjalar,” tandansya.

(rb/zul/don/yor/JPR)




 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia